Dinkes Sintang Gelar Jambore Posyandu

0
1395
Kader Posyandu Gelar Simulasi pertolongan pertama kepada korban Kebakaran
Kader Posyandu Gelar Simulasi pertolongan pertama kepada korban Kebakaran

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Dalam rangka meningkatkan fungsi dan pelayanan kesehatan kepada Masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang gelar Jambore Posyandu Sekabupaten Sintang berlangsung di Kantor Dinas Kesehatan, selasa(24/5)

Ketua Panitia Pelaksana, Isworo menyatakan, kegiatan Jambore Posyandu digelar dalam rangka untuk meningkatkan Kompetensi Petugas agar semakin menguasai tugas dan peranya sebagai pelayan masyarakat.

“Para kader Posyadu ini merupakan ujung tombak peningkatan kesehatan dilingkungannya masing-masing, sehingga dalam kesempatan tersebut kita gelar belajar bersama saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman selama bertugas memberikan pelayanan kepada masyarakat, “ujar Isworo

Ia juga mengatakan jamboree Posyandu yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan tersebut di ikuti 20 kader yang berasal dari kurang lebih 4 ratusan lebih  posyandu se-Kabupaten Sintang.
“Seluruh puskesmas mengutus para kadernya untuk mengikuti kegiatan ini, kami berharap ke depan mereka bisa menjadi panutan di lingkungannya dalam penerapan 10 indikator perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS),” katanya.

terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Sintang dr.Harysinto Linoh  menjelaskan, jambore Posyandu ini guna  meningkatnya kemampuan para kader posyandu, ke depan diharapkan akan mampu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

“Kami berharap dengan  jambore posyandu seluruh kader semakin meningkat kemampuannya dan memahami perannya sebagai ujung tombak peningkatan derajat kesehatan masyarakat,”

ia berharap melalui Jambore Posyandu yang digelar tersebut memberikan semangat baru dalam peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama kepada ibu-ibu hamil, menyusui, kurang gizi, dan yang lainnya.

“harapan kita jamboree ini bukan hanya sekedar ceremony saja, tetapi bagaimana ke depannya Posyandu menjadi salah satu sumber daya untuk menyehatkan masyarakat ,” ujarnya.

Dia  mengimbau kader-kader posyandu agar mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan serta kerapihan. “Posyandu itu pelayanan dari masyarakat untuk masyarakat itu sendiri, tempat berkumpulnya para ibu-ibu yang bisa berinteraksi.

Mereka para (kader-red) selain merebutkan piala bergilir juga diberikan hadiah hiburan menarik lainya,dan yang tak kalah pentingnya disini bagi juara 1,2 dan 3 kita kirim ke jambore posyandu tingkat Provinsi Kalbar.

“Kita sudah beberapa kali memenangkan juara 1 tingkat Provinsi lho,maka kita berharap tahun ini kita dapat merebut lagi,”pungkas Harysinto Linoh mantan Dirut RSUD Sintang ini.

Neti Bagian Nutrisi Satu diantara peserta Kader Posyandu Puskesmas Lebang Kelam Permai mengaku asik mengikuti lomba jambore posyandu sebagai tantangan yang mereka suguhkan yakni dengan membalut pasien luka bakar (mumi) ,namun disisi lain ia juga merasa kesulitan melilitkan alat praganya dari bahan tissu yang mudah putus jadi jatah 4 tissu masih kurang .

“Asik sih mbak ikut lomba ini,tapi ini susah masangnya kalau ditarik mudah putus karena bahanya tissu,”katanya ditengah kesibukanya membalut mumi.