Etnis Budaya Sintang Sudah Harmonis

0
1936
Bupati Sintang Buka Pagelaran Budaya Multi Etnis Digedung Seni Stadion Baning Sintang
Bupati Sintang Buka Pagelaran Budaya Multi Etnis Digedung Seni Stadion Baning Sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Kabupaten Sintang termasuk salah satu kabupaten yang masyarakatnya majemuk karena memiliki keanekaragaman baik budaya, bahasa, agama, adat, tradisi dan suku. Dengan keanekaragaman yang dimiliki Kabupaten Sintang tersebut tidak menjadikannya sebagai permasalahan.
“Mari kita jadikan perbedaan sebagai contoh dan teladan bagi bangsa lain yang mana bahwa bangsa Indonesia menjunjung tinggi keanekaragaman yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, “ajak Bupati Sintang, Jarot Winarno saat membuka pagelaran seni
Budaya di Gedung Seni Komplek stadion Baning Sintang, minggu Malam (29/5).
Jarot mengatakan dengan adanya pagelaran seni budaya multi etnis ini merupakan kesempatan yang sangat langka, karena baru pertama kalinya digelar di Gedung Seni Kabupaten Sintang. “gedung Seni ini Sudah dibangun sejak tahun 2007 dan baru bisa difungsikan tahun 2016. Ini merupakan moment terbaik bagi Etnis Budaya di Kabupaten Sintang karena sudah bisa dipergunakan.

Dengan adanya kegiatan Pagelaran Seni Budaya Multi Etnis ini, lanjut Jarot, semoga dapat menjadikan masyarakat Kabupaten Sintang yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera, karena jika hanya membangun dalam segi fisik saja tidak akan bisa, maka jadikanlah momentum ini sebagai kegiatan yang positif dimana akan memberikan dampak nilai-nilai budaya yang ada serta dapat memperhalus jiwa rohani kita demi mencapai masyarakat Kabupaten Sintang yang seutuhnya”. Ungkap Jarot.
Ia juga berharap melalui pagelaran seni budaya multi etnis ini dapat mengeluarkan kreatifitas, saling mengenal antar budaya dan etnis lainnya. Serta bisa memupuk serta meningkatkan jalinan silaturahmi antar sesama serta menjadikan perbedaan itu sebuah anugerah yang tidak dimiliki oleh bangsa lain, “pungkasnya.

Kemudian PLT. Kepala Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata Ekonomi Kreatif Kabupaten Sintang, Syarifudin mengatakan, kegiatan ini mengangkat tema “dengan keberagaman seni dan budaya kita mempererat persatuan dan kesatuan bangsa dalam memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia”, yang bertujuan untuk menggali potensi budaya yang ada di Kabupaten Sintang, menumbuhkembangkan nilai budaya lokal, meningkatkan potensi budaya lokal agar tidak ada budaya asing masuk sehingga menimbulkan dampak yang negative, serta dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan di Indonesia sebagai Negara yang beranekaragam budayanya. “ungkap Syarifudin
“Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, dimulai pada tanggal 28 Mei 2016 dan berakhir 29 Mei 2016, diadakan pada malam hari, tidak hanya itu saja, berbagai macam budaya yang ada di Kabupaten Sintang turut meramaikan pagelaran Seni Budaya Multi etnis ini, yaitu 12 budaya, seperti Dayak, Melayu, Jawa, Batak, Padang, Ambon, Sunda, Betawi, Manado, Madura, Bugis, dan Tionghua, serta dapat ditonton oleh seluruh masyarakat Kabupaten Sintang, “pungkasnya.