Fasilitas Operasional Tebelian Airport Kejar Tayang

0
1600
Proses Pembangunan Bandara tebelian air Port terus berlangsung
Proses Pembangunan Bandara tebelian air Port terus berlangsung

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Proses Pembangunan Tebelian airport hingga saat ini terus berjalan, bahkan sejumlah fasilitas penunjang operasional Bandara terpaksa digenjot pengerjaannya agar bisa ikut diresmikan bulan agustus mendatang bersama dengan sejumlah proyek lainnya.

“Sejumlah Fasilitas pendukung operasional yang menjadi tanggung jawab pemerintah Kabupaten Sintang yang saat ini masih proses pengerjaan kita targetkan harus bisa rampung sebelum bulan agustus, supaya dibulan agustus sudah bisa diresmikan, “ungkap kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Sintang (Dishubkominfo), Hatta, kepada wartawan kemarin.
Hatta menuturkan beban daerah pada pembangunan bandara Tebelian seperti membuka jalan masuk. Akses jalan sepanjang 1,3 km dengan lebar 60 meter itu sudah berhasil dibangun. Kini tinggal meningkatkan kualitasnya dengan mengaspal.

ia juga mengatakan, perhitungan tim ahli sudah rampung terkait pengaspalan jalan masuk. Dana Rp 5 miliar telah dianggarkan di APBD untuk merealisasikannya. Namun dana yang tersedia mampu mengaspal lebar jalan secara keseluruhan, Hatta, belum berani memastikan. “Yang pasti kita aspal sepanjang 1,3 km,” katanya.

menurutnya penambahan pembangunan  pada sisi darat guna menunjang operasional bandara juga telah berjalan. Antara lain pemasangan jaringan telepon. Fasilitas pendukung tersebut, menjadi salah satu kebutuhan yang tak bisa diabaikan untuk sebuah bandara. Karena itu, pihaknya serius menyelesaikan pembangunan yang dibutuhkan bandara.

meski demikian, terkait pihak yang akan mengerjakan jalan, tidak bisa ditentukan Dishubkominfo. Karena prosesnya melalui pelelangan di Unit Layanan Pengadaan (ULP). “Bukan saya yang menunjuk kontraktor. Tapi hasil lelang yang menentukan,” kata Hatta.

masalah pembangunan landasan pacu, Kewenangan pemerintah pusat. Pihak kita tidak ikut campur. Dan kalau kita melihat pembangunannya juga terus bergulir, jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Bupati Sintang Milton Crosby, mengatakan pembangunan bandara Tebelian kembali mendapat kucuran pemerintah pusat. Dana Rp 80 miliar telah dianggarkan untuk peningkatan aspal landasan pacu serta membangun apron. Karena itu, Bupati optimis pada Agustus bandara Tebelian sudah bisa diresmikan.