Festival Kesenian Islami Sambut Tahun Baru Islam

0
1390
Sy Muhammad Taufik, Ketua Panitia Festival Kesenian Islami
Sy Muhammad Taufik, Kadisdukcapil Sintang

LINTASKAPUAS.COM,SINTANG-Menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1436 Hijriah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Baning Kota menggelar Festival Kesenian Islami. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Yayasan Al Fajri dan Pemuda Melayu Kabupaten Sintang.

Ketua Panitia Festival Kesenian Islami, Syarif M Taufik mengatakan ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan memperingati Tahun Baru Islam. Diantaranya Lomba Seni Hadrah, Qasidah, Nasyid, Tari Jepin Tradisional dan Tabuh Bedug. “Lomba dilaksanakan pada malam hari mulai tanggal 19-24 Oktober di Komplek Masjid Al Fajri. Pendaftaran sudah dibuka sejak tanggal 10 Oktober lalu dan berakhir tanggal 18 Oktober,” bebernya.

Syarif memaparkan, untuk lomba Seni Hadrah, jumlah peserta maksimal 15 orang. Festival Nasyid, satu regu berjumlah 5-7 orang, Qasidah berjumlah 9-12 orang. Kemudian, tabuh bedug jumlah anggota grup maksimal 7 orang. “Khusus untuk Jepin, peserta boleh mengirim lebih dari satu grup. Tari yang ditampilkan adalah Jepin Tradisional yang berasal dari Sintang,” bebernya.

Ia meminta, masyarakat yang berminat mengikuti lomba segera mendaftar ke panitia Lokasinya di Komplek Al Fajri lantai II. Ia juga mengajak seluruh masyarakat mendukung dan menyemarakan kegiatan tersebut.

Syarif mengatakan, festival kesenian islami bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat luas terutama generasi muda tentang makna Tahun Baru Islam. “Harapan kami, kegiatan ini bisa menggali dan melestarikan kesenian Islami sebagai asset budaya,” harapnya.