Fokus Perbaiki Infrastruktur Jalan Perbatasan

0
1418
Bupati Sintang Disambut dengan upacara Adat Dayak saat menggelar Kunjungan kerjanya ke Wilayah Kecamatan Ketungan tengah
Bupati Sintang Disambut dengan upacara Adat Dayak saat menggelar Kunjungan kerjanya ke Wilayah Kecamatan Ketungan tengah

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Kecamatan Ketungau Tengah merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Sintang yang mendapatkan alokasi dana cukup tinggi untuk kegiatan pembangunan pada tahun 2016 baik dana yang bersumber dari APBD maupun APBN. Jalan paralel perbatasan menuju Ketungau Hulu dan Kecamatan Empanang Kabupaten Kapuas Hulu dibiayai oleh APBN. Perbaikan sarana pendidikan, air bersih, jalan desa, dan jalan kecamatan akan didanai APBD Kabupaten Sintang.

Hal tersebut disampiakan langusng oleh Bupati Sintang Jarot Winarno saat menggelar kunjungan kerjanya ke wilayah kecamatan ketungau tengah dalam rangka pembukaan kantor Cabang pembantu Bank Kalbar kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Jarot winarno mengatakan bahwa saat ini pemerintah tengah fokus memperbaiki jalan-jalan yang mengalami kerusakan parah. “jika infrastuktur jalan dalam kondisi baik, maka infrastruktur ekonomi juga lancar, dan ini merupakan impian kita semua khususnya masyarakat yang ada di Kecamatan Ketungau Tengah ini” terang Jarot Winarno.

Jarot juga menuturkan bahwa ekonomi masyarakat perbatasan memiliki daya tarik tersendiri, karena menggantungkan hidupnya terdahap karet,  sawit serta lada.

“Ketiga komoditi ekonomi tersebut saya yakini akan mampu memperbaiki ekonomi masyarakat karena akan mampu meningkatkan jumlah perputaran uang di Ketungau Tengah. Perputaran uang yang banyak ini tentu diimbangi dengan adanya tempat untuk menabung, menyimpan, mengirim, serta menerima uang secara aman yang bisa dilakukan melalui keberadaan Bank Kalbar di Nanga Merakai ini” terang Jarot Winarno.

Ia juga berharap dengan hadirnya Bank Kalbar di diwilayah perbatasan tersebut mampu membina masyarakat desa untuk mengembangkan potensi UKM yang ada di Kecamatan Ketungau Tengah.

“Bank Kalbar diharapkan mampu mengembangkan UMKM sehingga menjadikan masyarakat yang tidak hanya tergantung dengan pertanian sawit dan karet tetapi peternakan harus juga di berdayakan” tambah Jarot Winarno.

Terpisah, Camat Ketungau Tengah Dakun menyampaikan bahwa di Kecamatan Ketungau Tengah terdapat 29 desa di Kecamatan Ketungau Tengah dengan jumlah penduduk 32. 079 jiwa. “dengan jumlah penduduk yang besar ditambah dengan mulai menggeliatnya penghasilan para petani lada di wilayah kami, maka potensi nasabah sangat tinggi, “pungkasnya.