Geladi Posko Terapkan “Serbuan Teritorial”

0
1264
Komandan Korem 121 ABW Sintang Tinjau Kesiapan Pasukan gladi Posko 1 tahun 2014
Komandan Korem 121 ABW Sintang Tinjau Kesiapan Pasukan gladi Posko 1 tahun 2014

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Dalam Rangka untuk meningkatkan kesiapan satuan dalam menghadapi setiap tugas yang diberikan komando dalam pengamanan setiap acaman dan gangguan, Korem 121/ABW gelar Geladi Posko 1 tahun 2014

Pembukaan Geladi Posko 1 tahun 2014 tersebut berlangsung di Halaman Markas Korem 121/ABW Sintang yang turut dihadiri langsung oleh Bupati Sintang, Milton Crosby berserta Unsur Pimpinan Forkorpinda Kabupaten sintang kemarin.
Danrem 121/Abw Sintang, Kolonel Arm Alfret D.Tuejeh mengatakan bahwa Satuan Korem 121/Abw Sintang selalu di hadapkan pada berbagai penugasan dalam intensitas cukup tinggi, khususnya terkait pengamanan wilayah Ibukota negara dari berbagai bentuk ancaman dan gangguan.

“kita berharap melalui latihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan para staf di satuan, dalam proses pengambilan keputusan, sehingga tugas pokok dapat dilaksanakan secara optimal,” ujar Kolonel Arm Alfret D.Tuejeh.

Sesuai dengan amanat Panglima Kodam XII Tpr yang menyampaikan, agar jajaran korem dan kodim untuk mencermati perkembangan situasi dalam era globalisasi yang semakin banyak tantangan ini, ia juga memberikan suatu konsep yang dapat menjawab tantangan tersebut yaitu “Konsep Serbuan Teritorial”,  yang mana konsep ini mengajak kepada semua prajurit untuk mendekatkan diri dan membantu secara langsung terhadap permasalahan yang dihadapi masyarakat.

” Sebagai contoh bagi satuan yang dekat dengan Kampus di daerahnya agar melaksanakan pendekatan terhadap pihak Kampus sehingga pihak Kampus dapat mempercayakan Mahasiswanya untuk kita latih Bela Negara sesuai dengan modul dan materi yang sudah disosialisasikan,” ujarnya.

Selain itu, juga terdapat beberapa atensi pada amanat ini, yang dapat dipedomani dalam pelaksanaan tugasnya, yaitu Pertama, implementasikan sila Ketuhanan Yang Maha Esa dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, sebagai landasan moral, etika dan integritas dalam rangka mengemban tugas sebagai prajurit dan pns TNI.

Kedua, tingkatkan kewaspadaan nasional terhadap upaya-upaya untuk menggantikan Pancasila dengan ideologi yang lain, karena Pancasila sudah teruji sebagai ideologi yang paling cocok untuk dijadikan sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia yang sangat plural.

Ketiga, waspadai perkembangan gerakan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) khususnya di wilayah Kodam XII/Tpr karena sudah meresahkan masyarakat Indonesia dan saat ini sedang menjadi pembicaraan masyarakat dunia akibat kekerasan yang ditimbulkan.

Keempat, bantu tingkatkan kesejahteraan masyarakat dengan terus ikut berupaya mengatasi setiap kesulitan yang dihadapi masyarakat di sekitarnya, terutama oleh satuan kewilayahan, agar  Kodam XII/Tpr dan TNI Angkatan Darat senantiasa mendapat tempat di hati rakyat.

Kelima, tingkatkan dan pertahankan jati diri TNI Angkatan Darat yang selalu memegang teguh disiplin, sehingga patut dijadikan teladan oleh masyarakat di sekitarnya guna mewujudkan disiplin nasional, karena hanya dengan disiplin nasional bangsa Indonesia dapat mengejar ketertinggalannya dari bangsa-bangsa lain di dunia.

Menurutnya, mencermati arti penting latihan posko 1 (satu) dalam rangka mendukung kelancaran tugas Korem, ia berharap agar seluruh jajaran korem dan kodim melaksanakan kegiatan ini dengan rasa tanggung jawab yang tinggi, sesuai fungsi bidang masing-masing, sebagaimana scenario latihan yang telah dipersiapkan.Pungkasnya(Hery Lingga)