GEMA Diikuti Ratusan Umat Muslim

0
1247
Ratusan Umat Muslim Kabupaten Sintang ikuti kegiatan GEMA di Masjid Al-Amin Sintang
Ratusan Umat Muslim Kabupaten Sintang ikuti kegiatan GEMA di Masjid Al-Amin Sintang

LINTASKAUAS.COM-SINTANG, Ratusan Umat Muslim Kabupaten Sintang memadati Masjid Al-Amin Sintang hanya untuk mengikuti kegiatan Gerakan Menyayangi Al-quran(GEMA) yang bertujuan untuk mengembalikan semangat umat muslim untuk Menyayangi Al Quran.

Gerakan Menyayangi Al Quran yang mengambil rujukan dari Al Quran surah Al Anfal ayat 75Artinya : ”Dan orang-orang yang beriman sesudah itu kemudian berhijrah serta berjihad bersamamu maka orang-orang itu termasuk golonganmu (juga). orang-orang yang mempunyai hubungan kerabat itu sebagiannya lebih berhak terhadap sesamanya (daripada yang bukan kerabat) di dalam kitab Allah. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu”. (QS. 08 : 75)

Gema di Kota Sintang tersebut dihadiri Oleh Kepala Kementrian Agama Kab. Sintang Drs.H. Abdul Aziz AL, Ketua Majelis Ulama Indonesia Sintang Drs. H. Ulwan, Pimpinan SKPD, Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang periode 2010-2014 Drs. H. Zulkifli, HA, M. Si, Ibu-Ibu anggota Majelis Taqlim, dan Pemuda-Pemudi Islam dengan tema penjelasan tentang Al-Quran.

Untuk Gerakan Menyayangi Al-Quran di Masjid Al Amin tersebut meghadirkan penceramah Ustad Dodi Sihab yang merupakan alumni LPTQ Jakarta dan berasal dari Kalimantan Selatan. Gema di Kabupaten Sintang kita sudah diagendakan roadshow gerakan menyayangi Al-Quran. Gema diprakarsai oleh ormas-ormas Islam di Kabupaten Sintang.

Ketua MUI Kabupaten Sintang Drs. H. Ulwan mengajak jamaah yang hadir untuk melaksanakan “one day one ayat” (ODOA) yang artinya satu hari menghafal satu ayat. ODOA mulai digerakan oleh Ust Yusuf Mansur. “Di Sintang sudah ada rumah untuk menghafal Al-Quran. Tema besar yang diusung oleh Kementerian Agama adalah mengenal Agama dengan harapan umat Islam mempunyai karakter dan memahami ajaran Islam dengan segala aturannya. Dan acara ini merupakan bagian atau komponen dalam tercapainya tujuan itu. Terimakasih banyak juga diucapkan kepada ormas-ormas Agama Islam di Kabupaten Sintang yang sudah memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan keagamaan. Kegiatan ini juga akan berlanjut tidak sampai disini. Akan dilakukan kontrol dan evaluasi pencapaianya. Nanti akan dipantau terus peningkatan yang hafal Al-Quran. Jadi tidak habis disini saja” tegas Drs. H. Ulwan.

“sekarang kita terus mencari cara bagaimana supaya Al-Quran dapat dengan mudah masuk atau kita serap dan di pahami. Maka saya mengajak semua umat Islam agar menghapal dan mengerti ayat demi ayat di dalam keluarga dari ayah ibu dan anak” harap H. Ulwan.

Sementara Kakan Kementerian Agama Kabupaten Sintang Drs.H. Abdul Aziz AL sangat menyambut baik upaya kegiatan dakwah melalui pengkajian Al-Quran. “harapanya agar dakwah seperti ini dapat di lakukan dengan berkesinambungan di Sintang. Dan kedepan dapat terukur dan riil folow-up nya bagi umat Islam di Sintang” harap Drs.H. Abdul Aziz AL. Ustad Dodi Sihaq dalam tausyahnya terus menerus memberikan pola-pola mudah memahami Al-Quran.(*)