Infrastruktur Perbatasan Sintang Terburuk Sekalbar

0
1874

14316898_133133443808826_8247846169368026291_nSintang, Kabupaten Sintang merupakan salah satu Kabupaten yang berbatasan langsung dengan Negara Malaysia dan merupakan salah satu Kabupaten Perbatasan yang jauh tertinggal pembangunannya dibandingkan dengan perbatasan lainnya yang ada dikalimantan barat.

Berbeda jauh dengan kondisi perbatasan seperti yang ada diwilayah Kapuas Hulu kecamatan Badau, Wilayah Sanggau kecamatan Entikong, Wilayah Bengkayang kecamatan Jagoi Babang dan Wilayah Sambas kecamatan temajuk yang masing-masing perbatasan sudah memiliki Pos Lintas Batas(PLB) serta akses transportasi yang sudah memadai.

14322452_133133590475478_7175266663129324092_nBerbanding terbalik dengan kondisi perbatasan Sintang Kecamatan Ketungau, Hingga saat ini kondisi sarana dan prasarana khususnya infrastruktur jalan dari Kota sintang menuju wilayah perbatasan tersebut sangat memperihatinkan, sehingga membutuhkan stamina ekstra sebab akan bergumul dengan kubangan lumpur disepanjang jalan.

Seperti yang dialami oleh Kapolres Sintang bersama dengan Anggotanya saat menggelar kunjungan kerjanya kewilayah perbatasan pada, jumat(9/9) yang melakukan perjalanannya menggunakan kendaraan roda empat.

Saat perjalanan, meskipun sudah menggunakan Mobil Double Gardan, perjalanan menuju wilayah perbatasan tersebut tetap tersendat karena kondisi jalan rusak parah dan dipenuhi kubangan lumpur, akibatnya kendaraan yang ditumpangi kapolres Amblas didalam kubangan lumpur sehingga harus meminta bantuan alat berat milik pihak perusahaan untuk menarik kendaraan tersebut.

Karena kondisi Infrastruktur jalan yang tidak mendukung, perjalanan Kapolres dari Sintang menuju wilayah perbatasan-ketungau  menghabiskan waktu satu jari. “perjalanan kemrin berangkat dari sintang pagi dan sampai disana sudah sore hari sehingga acar mulai keesokan harinya, “ungkap Paur Subbag Humas Polres Sintang, Ipda Sutikno.

Kunjungan kerja Kapolres Sintang kewilayah Perbatasan yakni yang pertama meninaju Pos Perbatasan TNI di Desa Riam Sejawa dan Pos Pol di Desa Jasa dan dilanjutkan perjalanan ke Desa Nanga Bayan dan Desa Wana Bakti untuk bertatap muka dengan Masyarakat setempat.

“Selanjutnya, Rombongan melakukan kunjungan ke Pos Perbatasan TNI Semareh Kecamatan Ketungau Tengah dan disana kapolres menyempatkan diri menyerahkan bantuan Sembaku kepada petugas jaga yang ada Pos Semareh, “jelas Hadi

Hadi juga menuturkan bahwa Kapolres Sintang, Akbp Suharjimantoro, S.I.K. Pada Kesempatan kunjungan ke Pos Pamtas TNI, Menyampaikan Apresiasi yang tinggi kepada seluruh Personil TNI yang setia Menjaga Kedaulatan NKRI, “pungasnya.