Investasi Emas Sintang Masih Rendah

0
1733

2014 Sintang, Hanya Tembus 5 Kg

Deputi Bisnis PT Perum Pegadaian Area Pontianak, Ade Harsono
Deputi Bisnis PT Perum Pegadaian Area Pontianak, Ade Harsono

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Investasi Emas merupakan salah satu investasi yang memiliki kelebihan dibandingkan dengan investasi lainnya. Pasalnya Investasi Emas lebih aman dan bersifat liquid alias lebih mudah diuangkan baik dengan cara dijual maupun jaminan. Namun, sayang hingga saat ini investasi tersebut dinilai masih rendah di Kabupaten Sintang

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Deputi Bisnis PT Perum Pegadaian Area Pontianak, Ade Harsono saat ditemui sejumlah wartawan saat menggelar Senimar Investasi di Aula Hotel sartika Puri sintang, selasa(20/1)

Harsono menuturkan bahwa Perusahaan Umum PT Pegadaian menargetkan pada 2015 jumlah investasi emas bisa tembus 6 kg di Sintang. Target itu dipandang realistis jika melihat ekonomi masyarakat yang terus tumbuh. “kalau tahun 2014 Investasi emas dikabupaten sintang hanya mencapai 5 Kilogram, sehingga kita belum berani menaikkan target terlalu tinggi, “ucapnya.

Menurutnya, investasi emas di Sintang pada 2014 jumlahnya belum terlalu signifikan. Karena itu target pada 2015, adalah sepuluh persen dari target realisasi investasi di seluruh kalimantan Barat. “Kalau di Kalbar secara menyeluruh kita targetkan investasi emas bisa mencapai 50 kg, pada 2015,” tutur Harsono.

Ia menambahkan, investasi emas tidak rugi. Kemudian harga jualnya juga cenderung naik. Kalau turun, tidak terlalu signifikan. Karena itu, berinvestasi emas merupakan salah satu investasi jangka panjang. Dan, paling aman. Harga dan ukurannya,  tidak  menyusut.

Harsono mengatakan, emas memang hanya salah satu bentuk investasi. Properti, tanah, dan saham juga merupakan investasi. Namun investasi emas itu termudah dan murah. Pembelian emas bisa dalam satuan kecil. Misal dimulai satu gram. Tidak ada batasan, dan relatif mudah terjangkau. “Investasi emas dampaknya, dapat dirasakan dalam jangka waktu panjang. Tidak bisa instan,” katanya.

ia juga mengatakan bahwa kesadaran akan investasi emas, kini sudah di semua kalangan. Masyarakat dengan berbagai latar belakang ikut berinvestasi emas. Baik PNS maupun swasta. Dan, dominasi pelaku investasi adalah ibu rumah tangga. Hanya saja, lanjut dia, kini dibutuhkan adalah edukasi kepada masyarakat, agar tak keliru saat ingin berinvestasi emas.

“Kalau investasi bodong, di Pegadaian dijamin tak akan terjadi. Investasi emas di pegadaian, jelas barangnya dan mempunyai sertifikat. Jenis emasnya murni 24 karat dengan kadar 99,9 persen,” katanya.

Ia pun menyatakan investasi emas terbaik bukan saat emas lagi murah. Namun ketika sedang mempunyai uang, maka itu merupakan saat tepat membeli emas. Pasalnya, harga emas jarang turun. Justru cenderung naik mengikuti inflasi.

Harsono juga menambahkan, pegadaian juga menyediakan jasa penyimpanan emas bagi nasabah. Begitu pula emas yang diinvestasikan bisa digadaikan ke pegadaian.