Jalan Ella Hulu Jadi Bubur

0
1156

Zul Kifli : Kapan Ya Pak Jalan Kami Mulus ?

Sebuah truk melalui titik kerusakan lainnya menuju ke kecamatan Menukung
Sebuah truk melalui titik kerusakan lainnya menuju ke kecamatan Menukung

LINTASKAPUAS.COM, MELAWI – Zul Kifli, itulah nama pemilik akun di facebook yang menerangkan dirinya berasal dari Kecamatan menukung. Pada Sabtu 10/1) pagi, bersamaan dengan foto warga yang berusaha melalui jalan rusak berat, Zul menulis sebuah status yang berisi “Kapan ya pak, jalan Kami Mulus ?”

Kemudian karena penasaran, media ini menanyakan kepada Zul Kifli menggunakan via Blackberry masengger (Bbm). Melalui via BBm itu Zul menerangkan bahwa jalan yang rusak itu berada diantara Desa Ella Hulu Kecamatan menukung menuju ke pusat kecamatannya. Ada beberapa titik kerusakan berat pada akses jalan tersebut hingga menyulitkan warga, khususnya yang menggunakan kendaraan roda dua untuk melaluinya.

“Memang dari Ella Hulu ke pusat kecamatan menukung tidak semuanya yang rusak, hanya ada sekitar 8 titik yang mengalami rusak, tapi sudah termasuk rusak berat, sebab kondisi jalannya masih tanah kuning dan berlumpur,” kata Zul.

Zul pun menjelaskan sedikit lebih detail, bahwa kerusakan yang terjadi di Jalan Ella Hulu ke pusat Kecamatan menukung itu, mulai dari Dusun Bondau sampai ke pusat kecamatan Menukung. Kerusakan itu mulai terjadi sekitar dua bulan yang lalu sejak masuknya musim hujan.

“Titi-titik yang rusak itu sudah dilalui terlebih psosisi keruskan itu ada yang berada di tanjakan dan diturunan. Sehingga pengendara motor merti ekstra hati-hati melaluinya, sebab ban motor yang melalui pasti sangat mudah tergelincir karena kerusakan itu sudah berkubang dan digenangi air,” terangnya.

Zul mengatakan, kerusakan itu berpotensi untuk bertambah parah lagi apabila tidak segera ditangani. Terlebih padatnya arus lalu lintas yang melalui jalan tersebut, mulai dari kendaraan masyarakat, mobil angkutan pedesaan, mobil angkutan perusahaan dan truk-truk perusahaan. “Jika tidak segera diperbaiki akan semakin parah jalan ini,” cetusnya.

Lagi-lagi harapan terus terdengar dari mulur masyarakat agar pemerintah segera perbaikan jalan tersebut dan melakukan peningkatan pada jalan itu. Sebab dengan kondisi jalan yang baru hanya dilakukan pembukaan dan masih bertanam kuning itu, sangat mudah sekali mengalami kerusakan, terlebih dimusim hujan seperti saat ini.

Terkait persoalan jalan yang rusak itu, pada Minggu (11/1), media ini berupaya untuk melakukan konfirmasi ke pihak Dinas pekerjaan Umum Sementara melalui telepon, namun nomor kepala Dinas PU, Jhon Murkanto dan nomor sekretarisnya Akhmad sopian, tidak aktip atau diluar jangkauan. (Irawan)