Kapolda Kalbar Resmikan Taman Bacaan Senaning

0
2416
Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto didampingi ketua Bhayangkari Polda Kalbar dr Niken Arief Sulistyanto Resmikan taman Bacaan “Kemala Cinta Indonesia” Senaning
Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto didampingi ketua Bhayangkari Polda Kalbar dr Niken Arief Sulistyanto Resmikan taman Bacaan “Kemala Cinta Indonesia” Senaning

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Minimnya perhatian pemerintah terhadap pendidikan diwilayah perbatasan khususnya diwilayah perbatasan ketungau Hulu Kabupaten Sintang menggugah hati Kapolda kalbar beserta ibu untuk membangun sebuah taman bacaan yang diperuntukkan untuk anak perbatasan.

Taman bacaan dengan nama Taman Bacaan “Kemala Cinta Indonesia” yang dipusatkan di Markas Polisi Sektor(Mapolsek) Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang mulai operasional setelah diresmikan langsung oleh Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto didampingi ketua Bhayangkari Polda Kalbar dr Niken Arief Sulistyanto, Kapolres Sintang, AKBP. Veris Septiansyah dan Wakil Bupati Sintang, Ingnasius Juan, sabtu(25/10) kemarin.

Kapolres Sintang, AKBP Veris Septiansyah mengatakan bahwa pendirian taman bacaan kemala cinta Indonesia tersebut merupakan ide kreatif dari Kapolda Kalbar Brigjen Arief Sulistyanto didampingi ketua Bhayangkari Polda Kalbar dr Niken Arief Sulistyanto mengingat masih rendahnya kualitas pendidikan anak khususnya diwilayah perbatasan.

“pendirian taman bacaan diwilayah perbatasan tersebut merupakan lahir dari ide kreatif bapak dan ibu kapolda sendiri yang dikelola langsung oleh polsek setempat dalam rangka membangun sumber daya manusia (SDM) sejak awal terutama bagi  anak-anak diperbatasan yang juga merupakan generasi penerus bangsa, “ujar Veris, senin(27/10)

Selain itu, supaya masyarakat yang ada diwilayah perbatasan itu bisa memahami serta mengetahui fungsi dari hukum yang dalam istilahnya masyarakat melek Hukum

Veris menuturkan, jumlah buku yang dimasukan ke dalam taman bacaan “kemala Cinta Indonesia” tersebut berjumlah lebih kurang 1300 judul buku. “diharapkan dengan adanya taman bacaan ini bisa memberikan ilmu yang bermanfaat dan ditanamkan jiwa nasionalisme sehingga sejak dini mereka sudah kenal siapa dirinya merupakan warga negara Indonesia yang mencintai negara sendiri. Yang terpenting adalah menanamkan ilmu dan karakter  budaya bangsa sejak dini,”jelas kapolres.

Apalagi IPM Sintang, lanjut Kapolres, khususnya untuk kecamatan ketungau hulu, IPMnya bisa dirata-ratakan hanya tamat kelas II SMP, hal tersebut menunjukkan IPM kita sangat rendah sekali sehingga dengan adanya taman bacaan ini IPM khusus untuk kecamatan Ketungau Hulu bisa meningkat, “pungkas Veris(Hery Lingga)