Kelalaian Pengendara Penyebab Utama Kecelakaan Lalu Lintas

0
1606

LINTASKAPUAS.COM,SINTANG-Kasat Lantas Polres Sintang, AKP Bagus Nyoman mengatakan penyabab utama kecelakaan lalu lintas adalah kelalaian pengendara. Faktor kedua disebabkan buruknya infrastruktur jalan di Timur Kalimantan Barat.

“Kecelakaan terjadi karena banyak pengemudi kurang hati-hati. Kerusakan jalan juga turut menyumbang kecelakaan. Selain itu karena pelajar yang tidak tertib berlalu lintas. Seperti melakukan aksi kebut-kebutan di jalan raya,” katanya.

Terkait dengan penyebab kecelakaan lalu lintas karena faktor infrastruktur, biasanya disebabkan lubang dan material proyek yang dibiarkan berserakan di jalan raya. “Kondisi jalan berlubang terkadang membuat pengendara mengambil jalur lain, sehingga tertabrak kendaraan dijalur tersebut,” ujar dia.

Mengenai jumlah kecalakaan lalu lintas, hingga bulan November 2014 jumlah kecelakaan mengalami penurunan dibandingkan tahun 2013 lalu. “Tahun ini hanya mencapai 48 kasus, sementara tahun lalu 75 kasus. Sebagian besar kecelakaan dialami sepeda motor dan truk muatan barang,” bebernya.

Ia mengklaim, pihak kepolisian sudah berupaya maksimal menekan angka kecelakaan di Kabupaten Sintang. Caranya dengan member imbahuan dan penyuluhan ke sekolah-sekolah maupun instansi pemerintahan. ” Upaya pre-eventif dan preventif terus kanu lakukan. Kami juga rutin melaksanakan razia dan penjagaan di beberapa titik yang rawan,” pungkas Bagus(hery lingga)