Kesbangpol Se-Kalbar Sinergiskan Program Kerja

0
1510

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Kesatuan bangsa dan Politik merupakan pondasi utama sebagai pemersatu bangsa agar tidak terpecah belah karena perbedaan suku, ras agama dan budaya dan perannya sangat penting dalam menata kehidupan bangsa dan Negara berlandaskan pancasila.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman, MM dalam kegiatan Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik se-Kalimantan Barat tahun 2016 bertempat di Ballroom Hotel My Home Sintang, selasa kemarin

Askiman Mengatakan bahwa rapat koordinasi digelar dalam rangka untuk membahas berbagai permasalahan dari isu strategis dalam urusan penyelenggaraan bidang kesatuan dan politik untuk menghasilkan rekomendasi kinerja yang akan tersusun rapi dalam program yang telah di susun oleh pemerintah Kabupaten/Kota untuk tahun 2017 nantinya.

“dinamika demokrasi yang sudah dijalani beberapa waktu lalu diwarnai beberapa permasalahan seperti lemahnya representasi politik, demokrasi yang mengarah kepada kaum elit,actor pejuang demokrasi mengambang dan menguatnya suasana politik rakyat, maka dari itu semua penguatan pendidikan politik harus dilakukan, sebab pendalaman materi tentang empat pilar berbangsa dan bernegara mengenai hak dan kewajiban warga Negara untuk membangun etika dan budaya politik yang baik dimata masyarakat, sehingga menciptakan rasa aman dan damai sejahtera, “kata Askiman.

Mantan Kadis Pekerjaan Umum ini berharap dengan adanya Rapat Koordinasi Program Kerja Kesbangpolinmas se-kalimantan Barat tersebut bisa mengasilkan terobosan baru dan bisa diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “kepada seluruh peserta yang hadir dari seluruh kabupaten/kota se-Kalimantan Barat untuk dapat mengikuti kegiatan dengan semaksimal mungkin, agar dapat memahami mendalami apa yang menjadikan tugas pokok fungsi dari kesbangpol tersebut, demi menciptakan suasana Kabupaten/Kota yang aman dari masuknya paham radikalisme. Harap Askiman.

Sementara, Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Barat, Aliuk mengatakan rapat koordinasi ini dilaksanakan secara bergiliran di setiap kabupaten/kota se-Kalimantan Barat, untuk tahun 2016 ini yang menjadi tuan rumah penyelenggaraan ada di Kabupaten Sintang, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan dengan  kesepakatan bersama antar k abupaten . ungkapnya.

Dengan tujuan tertentu kegiatan rapat koordinasi kesatuan bangsa dan politik ini berguna untuk saling bersinergi antara TNI, POLRI, Tokoh Masyarakat, Tokoh adat, Tokoh Agama dan seluruh unsure masyarakat agar untuk saling mendukung program kerja yang telah ditetapkan oleh kesbangpol. Kata Aliuk

“Menyadari bahwa Kesbangpol banyak tantangan tentang tugas kedepan sudah lebih berat, namun antisipasi lah yang dapat mengatasinya, Maka dari itu kepada Kesbangpol tingkatkan kinerja kita, agar dapat bersinergi bersama-sama guna menciptakan suasana aman dan damai  dalam mengatasi masalah serta haruslah mendeteksi dini apa yang sedang terjadi di masyarakat” harap Aliuk.(Lingga)