Kodim 1205 Bangun Klaster Pertanian Sintang

0
1297
Klaster Pertanian.
Klaster Pertanian.

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Dalam rangka menyukseskan program ketahanan Pangan Nasional yang merupakan program prioritas dari pemerintah, Kodim 1205 Bangun Klaster Pertanian seluas dua Hektar dilahan tidur Milik Tentara Nasional Indonesia(TNI).

“salah satu upaya kita untuk mensukseskan Program ketahanan Pangan Nasional yaitu dengan cara membangun sebuah kawasan atau Klaster pertanian dan saat ini sudah dalam proses, mudah-mudahan bulan depan(Maret-Red) sudah selesai, “ungkap Dandim 1205 Sintang, Letkol Inf Anggit Exton Yustiawan.

Ia mengatakan kalster Pertanian tersebut dibangun dilahan tidur Milik TNI yang terdapat dibelakang Markas Kodim 1205 Sintang. “ada sekitar dua hektar yang akan kita garap, dan itu akan kita jadikan sebagai wilayah ekowisata dikabupaten Sintang, “kata Anggit.

Ia juga mengatakan di lahan tersebut akan ditanam berbagai macam tanaman pertanian seperti jenis saayuran dan buah-buahan. “mudah-mudahan dengan adanya klaster pertanian ini bisa menjadi percontohan serta bisa memberikan pemelajaran cara bercocok tanam kepada masyarakat Sintang, “harapnya.

Selain itu, lanjut Anggit, dengan adanya hasil pertanian yang kita bangun tersebut bisa memenuhi kebutuhan Kodim dari sektor pangan. Dan selebihnya dijual kepada warga sekitar. “Program ini juga sebagai upaya untuk melatih anggota TNI supaya lebih mandiri,” tegasnya.

Anggit menuturkan bekerja tidak harus selalu dalam ruangan. Anggota TNI dapat memanfaatkan waktu senggang untuk mengolah potensi yang ada. Misalkan bercocok tanam, baik di lahan milik TNI maupun lahan pribadi. “TNI mesti dapat menjadi contoh masyarakat, termasuk memberikan contoh bercocok tanam,” pungkas Dandim.