Lahan Murtiguna Terbakar, warga Panik

0
1104
Tim Pemadam kebakaran melakukan pemadaman dilahan Desa Murtiguna sintang
Tim Pemadam kebakaran melakukan pemadaman dilahan Desa Murtiguna sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Kebakaran lahan yang terjadi di Wilayah Desa Murtiguna Kecamatan Sintang membuat warga panik. Pasalnya lahan yang terbakar tersebut tidak jauh dari permungkiman warga sekitar.

Kepanikan tersebut membuat sejumlah warga yang terletak di wilayah Kilometer tujuh jalan sintang-Pontianak tersebut terpaksa mengangkut semua perabot rumah tangganya keluar rumah seperti televisi,  pakaian, tempat tidur, salon, dan beberapa alat elektronik.

Kepanikan warga atas kebakaran lahan Desa Murtiguna tersebut terjadi pada Selasa (16/9) sekitar sekitar pukul 15.00 WIB sore. “itu asap lahan sudah sangat pekat,” ujar warga.

dengan adanya kebakaran lahan tersebut, Tiga unit Damkar dari pemerintah dan swasta selang beberapa saat meluncur ke lokasi dan berjibaku memadamkan api dan dibantu tim manggala agni Sintang diwilayah hutan yang juga berbatasan dengan Kec Tebelian. Kondisi angin yang bertiup ke arah berlawanan menyulitkan petugas lantaran terkena asap yang menyelimuti seluruh lokasi kebakaran.

Lebih dari satu jam, asap masih mengepul, sementara tim manggala agni juga diketahui turut memantau api sejak beberapa hari terakhir diwilayah tersebut.

Kapolsek Sintang Kota, AKP. Dedy Siregar yang turut berada dilokasi mengatakan, kejadian tersebut berawal dari warga yang meminta bantuan lantaran api yang merambat kerumah warga. Ia mengimba masyarakat jangan sekedar mencoba-coba menghidupkan api dalam kondisi kemarau sehingga sulit dikendalikan.

Kami berharap kepada seluruh masyarakat kabupaten Sintang, dimusim kemarau panjang saat ini agar tidak membuka  lahan dengan membakar. Hal Ini dilakukan demi untuk kamanan bersama juga ,”pungkas Dedy(Hery Lingga)