Laporkan Pungli Anggota TNI, Danrem Jamin Pelapor Dilindungi

0
1514
Brigjen TNI Widodo Iryansyah
Brigjen TNI Widodo Iryansyah

SINTANG-Komandan Korem 121 Alambhanawanawwai, Brigjen TNI Widodo Iryansyah mengatakan, meski Satuan Tugas Saber Pungli yang lebih dominan adalah Polri, dalam pelaksanaan tetap melibatkan TNI.

“Dalam pelaksanaanya tetap melibatkan TNI khususnya POM. Kami akan membantu, karena tidak menutup kemungkinan ada anggota yang melakukan pungli di luar kedinasan,” katanya usai memimpin serah terima jabatan Kasipers Korem 121 ABW, Dandim 1206 Putussibau dan Dantim Intelram ABW di Makorem, Kamis (27/10).

Ia menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk memberantas pungli dalam tubuh TNI. “Karena pungli sangat merugikan masyarakat. Meskipun kecil misalnya hanya sekitar Rp5 ribu-Rp10 ribu, bagi masyarakat jumlah itu sangat berarti,” katanya.

Ia menjamin, laporan warga mengenai pungli oknum TNI akan diproses. Mekanisme pelaporan bisa disampaikan ke komandan satuan, kemudian Mabes AD akan membuka line sendiri untuk menampung laporan itu. “Karena bukan tidak mungkin ada anggota TNI yang lepas kontrol yang melakukan kegiatan pungli. Dan itu bisa dilaporkan,” katanya.

Ia juga menjamin, masyarakat yang melaporkan dugaan pungli anggota TNI akan dilindungi. “Keamanan dan kerahasiaan palapor kami jamin. Karena selama ini sudah terbukti dan teruju kami selalu melindungi pelapor,” katanya.

Danrem menyatakan, dirinya justru berterima kasih jika ada masyarakat yang melaporkan dugaan pungli anggota TNI. “Bila masyarakat mau melapor soal pungli, artinya mereka peduli dan sayang dengan TNI. Kami harus melindungi itu. Kalau orang sayang dengan kita, kita harus lebih sayang dengan mereka,” tegasnya.

Mengenai sanksi, kata Danrem, akan disesuaikan dengan kadar kesalahan anggota. Klasifikasinya ada berat, sedang dan ringan. “Nanti POM yang akan memeriksa,” pungkasnya.