Manajemen Indomaret “Sangsot”

0
1457
Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Syahroni
Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Syahroni

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang, Syahroni mengungkapkan banyaknya keluhan yang terjadi terhadap selisih harga yang terpajang di rak dengan tagihan di kasir disejumlah Indomaret yang ada dikabupaten Sintang disebabkan karena Manajemen tidak jelas.
“Masalah selisih harga yang dikeluhkan oleh masyarakat itu bukan kesalahan dari karyawan tokonya, tapi ini kesalahan dari manajemennya yang tidak jelas, “ungkap Syahroni saat menggelar inspeksi mendadak (sidak) bersama Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM), Badan Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu dan Satuan Polisi Pamong Praja ke sejumlah gerai Indomaret kemarin.
Menurutnya, kesalahan tersebut terdapat pada manajemen karena seluruh harga yang tertera tersebut sudah tertera secara online. “jadi kalau dikatakan kesalahan itu terjadi karena permainan Karyawan tidak mungkin karena semua harga sudah terprogram secara otomatis, jadi ini jelas kesalahan itu terjadi pada manajemennya, “jelas Syahroni.
Saat menggelar sidak, tim Gabungan banyak menemukan perbedaan harga antara yang terdapat pada Rak dengan harga yang terdapat pada kasir. Seperti yang terjadi gerai Indomaret di jalan S Parman. Kemudian berlanjut ke gerai di jalan Dr Wahidin dan terakhir di jalan Lintas Melawi.
“kemarin kita langsung melakukan pengecekan, Ketika akan membayar di kasir, anggota tim mendapati selisih harganya. Misal minuman kemasan berenergi terpampang di rak seharga Rp 5900, namun saat dibayar di kasir menjadi Rp 6300.
Ia juga mengatakan, Selisih harga antara di rak dengan tagihan dianggap merupakan bentuk manipulasi. Masyarakat sebagai konsumen sudah dibohongi. Indomaret diminta tidak merugikan konsumen dan memperbaiki manajemen. “Jangan ada manipulasi. Manajemen jangan merugikan masyarakat. Idomaret harus ikut aturan pemerintah,” kata Syahroni, kemarin.
Dengan kejadian tersebut, Syahroni memperingatkan, Indomaret harus memperbaiki manajemen sehingga masyarakat tidak dirugikan. “Kita akan memberi peringatan ke manajemen Indomaret terkait dengan temuan saat sidak. Temuan ini tentu akan di tindaklanjuti bersama pihak terkait,”katanya.
Ia pun meminta dinas terkait melakukan pengawasan yang lebih aktif kepada Indomaret. Sehingga hak konsumen dapat tetap terjamin. Syahroni memandang izin Indomaret di Sintang perlu ditinjau ulang atas temuan saat sidak. Kemudian juga berencana memanggil manajemen Indomaret.