Mobil Internet 3 Tahun Nganggur di Sintang

0
1779
unnamed
Mobil Internet Bantukan Kominfo peruntukan Kecamatan Ketungau Hulu Nganggur di Sintang selama tiga tahun

LINTASKAPUAS.COM, SINTANG- Kurang tiga tahun Mobil Internet bantuan dari Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) yang diperuntukkan untuk Kecamatan Ketungau Hulu nganggur di halaman kantor Bupati Sintang

“Bukannya kita tidak mau mengirimkannya ke Kecamatan, dengan kondisi infrastruktur jalan yang menuju Kecamatan senaning itu tidak mungkin bisa dilewati mobil internet tersebut,”ungkap Kepala Bagian Sandi dan Telekomunikasi (Santel) Setda Sintang, Ade M Hermanto kemarin.

Hermanto mengatakan, meski mobil internet yang diperuntukkan untuk Kecamatan Ketungau Hulu tersebut tak bisa dikirim sehingga harus nongkrong di halaman kantor Bupati namun, mobil tersebut tetap mendapatkan perawatan.

Sebenarnya mobil internet itu sudah bisa melayani masyarakat dalam mendapatkan informasi, namun karena kondisi yang tidak memungkinkan maka tidak bisa kita kirim, tapi kondisi mobil hingga saat ini masih bagus karena tetap kita rawat, mulai dari kondisi mesin sampai pada peralatan yang ada didalam mobil tersebut tetap kita operasikan,“kata Manto

Selain itu, lanjut Hermanto, meskipun kondisi infrastruktur jalan bisa dilalui Mobil internet menuju senaning, namun dirinya belum bisa memastikan akan bisa langsung difungsikan karena hingga saat ini belum ada operator yang menjalankanya.

Mantan Kepala Bagian Informasi Dan Komunikasi Setda Sintang ini juga menagatakan bahwa pihaknya akan terus memaksimalkan fungsi Mobil internet didalam kota Sintang kedepannya, “untuk memberdayakan mobil internet yang kita miliki saat ini kita akan mencoba menjajaki kerja sama dengan pihak lain agar tetap bisa berfungsi dengan masimal.

Sebagai contoh, lanjut Manto, kita bisa menjali kerja sama dengan pihak PLN untuk dijadikan sebagai tempat pendaftaran sambungan baru maupun pembayaran listrik melalui internet. Hal sama dengan PDAM juga Bisa

Jika hal itu dapat dilakukan, secara otomatis Pemkab Sintang akan mendapat royalti dan keuntungan jika kerja sama dilakukan. “Ini semata-mata untuk meningkatkan PAD,” tukasnya.

Mobil internet bantuan dari kominfo ini sampai saat ini belum sepenuhnya diserahkan ke pemerintah Daerah. Mobil dan perlengkapan internet saat ini masih dalam pengawasan kementrian Komunikasi dan Informasi. “Tahun 2015 rencananya akan diserahkan ke pemerintah daerah. Jika sudah diserahkan ke pemkab secara otomatis semua dana operasional ditanggung pemkab dengan penanggungjawabnya bagian Informkom Sintang, “pungkasnya(Hery Lingga)