Nasib Dermaga Sungai Ringin Tergantung Pusat

0
2619
Terbengkalai_Kondisi Pelabuhan Sungai Ringin Sintang yang dalam kondisi terbengkalai, kondisi ini sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir.jpg
Terbengkalai_Kondisi Pelabuhan Sungai Ringin Sintang yang dalam kondisi terbengkalai, kondisi ini sudah terjadi sejak tiga tahun terakhir.

Sintang-lintaskapuas.com, Nasib Kelanjutan pembangunan Sarana dan Prasarana Dermaga Sungai Ringin yang saat ini masih dalam kondisi terkatung-katung kini tergantung dari anggaran Dana pusat.
Untuk proses pembangunan pasti akan tetap berlanjut, akan tetapi untuk pembangunan kapan akan dilanjutkan kita masih menunggu alokasi dana dari pemerinah pusat, mudah-mudahan tahun 2015 pembangunannya sudah rampung “ungkap Kepala Dinas Perhubungan Sintang, Hatta, kemarin.
dituturkan Hatta, pemkab Sintang tidak pernah diam  untuk penyelesaian proyek dermaga. Pihaknya  terus mengupayakan pemerintah pusat kembali mengucurkan dana. Proses tersebut sudah ditempuh dan pemerintah pusat telah merespon. “Sekarang lagi dibahas di pusat dan sudah tahapan III,” kata Hatta.

Ia menambahkan, tidak gampang bisa mendapatkan kucuran dana pusat. Pasalnya pemerintah pusat sangat selektif. Segala sesuatu harus jelas terkait pembangunan yang akan dilaksanakan.  Termasuk masalah tanah serta pengelola untuk proyek bila sudah rampung pengerjaannya. “Semua sudah kita jelaskan, dan tidak ada masalah,” kata dia.

Hatta tidak menampik, dana pembangunan untuk penyelesaian selain dermaga sungai ringin sempat terputus. Contohnya, dermaga di Sungai Durian. Kini tahap proses pengerjaannya juga terhenti, karena dana dari pusat terhenti. Karena itu, guna melanjutkannya Dishub mengupayakan dana pusat kembali mengucur.

Menurut Hatta pihaknya tidak bisa berbuat banyak jika tanpa dukungan pemerintah pusat. Lantaran bila mengandalkan pembiayaan APBD Sintang tidak memadai. Terlebih proyek tersebut awalnya memang didanai pusat. Jadi, lanjut dia, pemkab bukan berarti menutup mata tapi lebih persoalan pendanaan. “Kita inginnya semua proyek bisa tuntas,” kata dia.

akan tetapi, lanjut Hatta,  untuk penyelsaian pembangunan dermaga tetap  menjadi prioritas kita. Dan kita tergetkan 2015 sudah rampung. tidak hanya dermaga, terminal juga menjadi prioritas kita sebelum masa jabatan Bupati sintang, Milton Crosby berakhir, “pungkasnya(Link)