Natal di Kapuas Hulu Khidmat

0
2141
Warga Kapuas Hulu merayakan Natal
Warga Kapuas Hulu merayakan Natal

LINTASKAPUAS.COM,KAPUAS HULU-Perayaan Natal tahun 2014 di Bumi Uncak Kapuas berlangsung meriah dan penuh khidmad. Ribuan umat Kristiani berduyun-duyung datang ke gereja-gereja terdekat untuk menghadiri kebaktian dan kutbah misa natal, baik di dalam kota Putussibau maupun di desa-desa. Momentum tersebut dijaga ketat tim pengamanan terpadu yang terdiri dari Polri, TNI, Sat Pol PP, Dishubkom Info dan Pramuka.

Di kota Putussibau ada sejumlah gereja yang menjadi pusat kebaktian dan misa natal, di antaranya gereja katolik hati santa perawan maria tak bernoda (HSPMTB) Putussibau dan gereja GKE Imanuel Putussibau. Dua gereja tersebut penuh sesak umat kristiani yang mengikuti kebaktian dan misa natal yang dimulai sejak pagi hingga menjelang siang dan kembali diadakan misa natal Jumat (26/12) pagi.

Wakil Bupati Kapuas Hulu Agus Mulyana SH MH beserta keluargnyaa dan Direktur RSUD dr Achmad Diponegoro Putussibau dr B.S Rey MPh beserta keluarga mengikuti kebaktian di gereja GKE Imanuel. Sementara sejumlah pejabat dilingkungan Pemkab Kapuas Hulu ikuti misa di gereja HSPMTB dengan pengkutbah Pastor Konradus Hancu, SMM. Misa dan kebaktian natal ini berlangsung penuh hidmad.

Wakil Bupati tampak berbaur dengan jemaat lainnya, usai mengikuti kebaktian, satu sama lain jemaat seling bersalaman dan mencicipi eneka hidangan di kediaman Pendeta Maraden Simanjuntak, S.Th, MA yang memimpin kebaktian. Setelah itu wakil bupati kembali ke kediamannya, tidak lama setelah itu bupati Kapuas Hulu A.M Nasir SH dan keluarga tiba dikediaman wakil untuk bersilaturahmi natal.

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Agus Mulyana saat berada di Gereja
Wakil Bupati Kapuas Hulu, Agus Mulyana saat berada di Gereja

Dikediaman Wakil Bupati memang dibuka open house selama tiga hari, seluruh warga kapuas hulu tanpa membedakan status dan golongan disilakan datang ke kediaman orang nomor dua di kapuas hulu. Di kapuas hulu sudah menjadi tradisi, ketika natal sebagian besar pelayan adalah umat islam, demikian juga ketika bupati lebaran, sebagian pelayan adalah umat kristiani juga membaur jadi satu.

Sejumah pejabat teras di lingkungan pemkab kapuas hulu yang beragama Islam tampak hadir ada yang menyambut tamu wakil bupati dan ada juga yang bertamu untuk menycapkan selamat natal. Pada natal tahun ini mengambil tema keluarga, seperti disampaikan Pendeta Maraden Simanjuntak. “Allah berkenan memakai manusia untuk melaksanak misinya, khususnya keluarga,” jelas Maraden.

Ditengah perkembangan zaman, technologi dan informasi, kata Maraden lagi, ada tantangan buat keluarga dan keluarga harus siap menghadapi tantangan itu. Perjumpaan dengan Alah, mengajak umat, khususnya sebagai keluarga untuk senantiasa memelihara nilai-nilai luhur keluarga ditengah-tengah arus modernisasi dan tantangan perkembangan technologi yang tumbuh pesat pada saat ini.

Open House di kediaman Wakil Bupati Kapuas Hulu
Open House di kediaman Wakil Bupati Kapuas Hulu

Lebih lanjut Maraden  mengakan bahwa, keluarga yang tuhan izinkan menghadapi masalah keluarga diberikan pengharapan dan kasih agar dapat bijak dalam menyelesaikan masalah keluarga tersebut. Kutbah yang sama juga disampaikan di gereja katolik HSPMTB yang bertemakan pentingnya keluarga dan keluarga harus dibentengi dengan iman serta nilai-nilai luhur sebagai filter modernisasi.