Pagal Baru Masuk Desa Terbaik di Sintang

0
1091
Bupati Sintang dampingi tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi ke Desa Pagal baru kabupaten Sintang
Bupati Sintang dampingi tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi ke Desa Pagal baru kabupaten Sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Desa Pagal Baru masuk kategori Desa terbaik di kabupaten Sintang karena terpilih mewaliki Sintang dalam ajang lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Barat

“ketika memasuki desa pagal baru tadi, kita sudah bisa menilai bahwa desa ini sangat layak untuk dinilai karena tata wilayah dan tata ruang nya sangat baik, “ungkap Jarot saat mendampingi  Tim Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Desa Pagal Baru kemarin.

Jarot menyampaikan bahwa apabila Pemerintahan Desa sudah memberikan pelayanan yang baik dan masyarakat mampu melibatkan diri dalam pembangunan wilayahnya, maka negara sudah hadir dalam masyarakat.

“Pemerintah sudah memutuskan untuk mulai membangun dari pinggiran seperti desa ini, dengan mengalokasikan dana desa yang sangat besar untuk membangun desa dengan konsep paritisipasi aktif masyarakat, “ucapnya.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh aparat kepala desa agar dalam pengelolaan dana desa tidak dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

“Penggunaan dana desa harus transparan dan disampaikan langsung kepada Masyarakat dengan bisa disosialisasikan melalui baliho sehingga masyarakat tahu, mengawasi dan ikuti melaksanakan pembangunan, “ujar Jarot.

Dalam kesempatan Bupati Sintang mendorong agar Pemerintahan Desa Pagal Baru bisa membentuk Badan Usaha Milik Desa untuk mengelola Pabrik Minyak Kelapa Sawit Mini. “Dalam lomba desa ini, menang atau kalah, jangan dijadikan beban, pemerintahan desa dan masyarakat harus terus bekerja dengan baik untuk mengembangkan desanya.

Selain itu, lanjut Jarot, Buat juga embung dan desa siaga kebakaran untuk mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Bangun juga sarana olahraga desa (sorda) sebagai ruang publik seperti lapangan voli di setiap dusun. Saya berharap, Desa Pagal Baru ini bagus tidak hanya pada saat mau lomba saja, tetapi bagus seterusnya”pesan H. Jarot Winarno.

Terpisah, Ketua Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Barat, Syarif Ardiman mengatakan lomba Desa dilaksanakan guna mengevaluasi dan menilai kinerja pemerintahan desa beserta masyarakatnya.

“Ini kesempatan pemerintahan desa melakukan perbaikan dalam pengelolaan pemerintahan, pendidikan, kesehatan, keamanan, pembangunan fisik dan pemberdayaan masyarakat. “kata Syarif

Syarif Ardiman  menambahkan ada 7 kabupaten yang mengikuti seleksi lomba dan terpilih 7 desa yang akan bersaing untuk menjadi desa terbaik di Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2017. Desa terbaik di Kalimantan Barat akan mengikuti seleksi desa terbaik untuk regional III yang meliputi Kalimantan dan Sulawesi.

“Ada dua tahun kegiatan pemerintahan desa yang kami nilai saat ini. Kami berharap masyarakat Desa Pagal Baru bisa terlibat langsung dalam membangun desa bersama dengan pemerintahan desa. Menjadikan desa menjadi pusat pertumbuhan baru dengan memperkuat gotong royong dan partisipasi masyarakat yang tinggi, “pungkasnya.