Pawai Obor Hiasi Takbir Keliling

0
2686
Peserta Pawai Takbir keliling dengan jalan kaki membawa obor serta ornament berentuk ka’bah dan onta sangat antusias mengelilingi  kota sintang  (1)
Peserta Pawai Takbir keliling dengan jalan kaki membawa obor serta ornament berentuk ka’bah dan onta sangat antusias mengelilingi kota Sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Dalam Rangka menyambut hari raya Idul Adha 1434 Hijriyah, Ribuan Umat Muslim mulai dari anak-anak hingga dewasa Kabupaten Sintang dengan sangat antusias mengikuti Takbir Keliling dengan jalan kaki, disungguhi dengan berbagai ornamen Lampu Obor, serta duplikat ka’bah dihiasi lampu yang dibuat demi untuk memberikan warna tersendiri dalam meramaikan malam perayaan Hari Raya Quban.

Pelaksanaan Takbir Keliling dengan jalan kaki tersebut diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam(PHBI) Kabupaten Sintang dimulai sejak pukul 20.00 Wib dengan start pelepasan takbir bertempat diepan halaman Gedung pancasila Sintang, sabtu(4/10) malam kemarin.

Dari berbagai ornament yang dibawa oleh peserta takbir keliling tersebut cukup memberikan warta tersendiri sebab takbir keliling dengan jalan kaki tersebut baru pertama kali dilakasankan dikabupaten Sintang. Takbir keliling dengan jalan kaki tersebut juga dibentuk berkelompok serta dinilai kekompakan dan keseragamannya dan kekompakannya, yang menang berhak mendapatkan hadiah yang sudah disediakan oleh Panitia PHBI

Pawai Takbir Keliling dengan jalan kaki tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sintang, Milton Crosby, M.Si. Peserta takbir keliling tersebut diikuti seluruh sekolah yang ada dikota Sintang dengan rute jalan yang dilalui Star tepat di depan Gedung Pancasila Sintang, melintasi jalan Pangeran muda, melintasi Pasar Inpres, menuju jalan Imam Bonjol tembus ke jalan PKP mujahidin dan melintasi Tugu BI memutar menuju Pasar seroja hingga akhirnya kembali lagi ke Gedung Pancasila.

Wardani salah satu Pelajar kota Sintang yang ikut menjadi peserta pawai Takbir keliling dengan jalan kaki tersebut mengaku sangat senang serta berharap kegiatan pawai tersebut bisa menjadi kegiatan rutin dari PHBI Sintang saat ada perayaan hari raya. “kegiatan pawai takbir dengan berjalan kaki seperti ini sangat unik sekali dan kami sebagai pelajar sangat bangga mengikuti kegiatan seperti ini, selain untuk memeriahkan penyambutan hari raya kurban, ini juga sekaligus memberikan suatiu pelajaran bagi kami begitu indahnya sebuah kebersamaan, “ujar wardani.

Terpisah, Skretaris PHBI kabupaten Sintang H Ulwan mengatakan, pawai yang dilaksankaan merupakan agenda rutin menjelang datangnya Hari Raya, baik hari raya Idul Fitri maupun Hari Raya Kurban. “kegiatan Pawai takbir seperti ini merupakan kegiatan rutin kita setiap tahunnya, namun saat ini kita menggelar pawai takbir dengan berjalan kaki. Dan untuk lebih memberikan semangat kepada peserta takbir kita buat beregu dan kita nilai kekompakannya, yang menang kita berikan hadiah, “ujarnya.

Sementara, Bupati Sintang, Milton Crosby, selaku pemerintah Kabupaten Sintang mendukung penuh dengan agenda rutin yang dilaksanakan oleh PHBI Sintang tersebut. “kami mengapresiasi dengan kegiatan ini, dan juga mendukung penuh dengan apa yang sudah dilakukan oleh generasi muda Sintang yang telah kreatif untuk mengikuti agenda pawai ini sehingga memberikan warga khusus pada malam ini, saya berharap melalui kegiatan seperti ini mampu menjaga serta melestarikan budaya Sintang yang sudah ada sejak jaman dahulu kala, “pungkasnya(Hery Lingga)