Pemkab Terus Berupaya Tingkatkan PAD

0
1340

AM Nasir SHLINTASKAPUAS.COM,KAPUAS HULU-Bupati Kapuas Hulu A.M Nasir SH menegaskan, pemerintah kabupaten kapuas hulu terus meningkatkan sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang potensial. Dengan melakukan intensifikasi dan ekstensifikasi sumber-sumber PAD yang ada. Diantaranya sumber pajak yang berasal dari kegiatan perkebunan, perikanan dan kehutanan.

“Kami secara kontinyu telah melakukan sosialisasi kepada wajib pajak dan retribusi, sehingga sumber-sumber yang ada dapat di pertahankan,” tutur Nasir.

Lebih lanjut politisi PPP ini mengatakan, eksekutif juga sependapat dengan DPRD terkait pengelolaan keuangan daerah agar lebih baik, sehingga opini WTP dari BPK RI dapat tercapai. Tidak hanya eksekutif, legislatif juga mesti punya kometmen yang sama dalam pengelolaan keuangan daerah agar lebih baik, mulai dati perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawabannya.

Demikian juga dengan alokasi anggaran, kata Nasir lagi, belanja langsung di setiap SKPD diharapkan mengacu kepada RPJMD. Yang merupakan program kegiatan lima tahun pemerintah daerah, yang memuat visi dan misi serta program kepala daerah yang merupakan agenda pokok prioritas pembangunan daerah. Seperti pembangunan infrastruktur-infratruktur dasar bagi masyarakat.

Untuk itu, tambah Nasir lagi, eksekutif juga sependapat dengan legislatif tetap berkometmen bahwa APBD harus lebih aspiratif dan menyentuh langsung kepentingan priortas utaman masyarakat kapuas hulu. “Saya berharap seluruh SKPD realistis dalam penganggaran. Serta memperhatikan ketentuan-ketentuan yang ada sebagai dasar hukum penganggaran,” terang Nasir.

Paripurna DPRD kapuas hulu masa persidangan ke satu, tahun 2014 dengan agenda penjelasan bupati terhadap pemandangan umum fraksi ini di hadiri seluruh pimpinan SKPD dan jajaran Forkorpimda. Dijadwalkan, Selasa (30/12) langsung dilakukan ketok palu, setelah semua tahapan pembahasan RAPBD dilakukan selama dua hari satu malam oleh eksekutif dan legislatif.