Perluas RSUD Hanya Bisa Keatas

0
1649
Minim Sarana Ruang Inap, Pasien menginap di Selasar RSUD Sintang
Minim Sarana Ruang Inap, Pasien menginap di Selasar RSUD Sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Peningkatan Fasilitas bagunan fisik Gedung Rumah sakit Umum Daerah(RSUD) Ade Moch Djoen Sintang hanya bisa dilakukan dengan penambahan bangunan keatas. Pasalnya, untuk pengembangan bagunan tidak bisa dilakukan lagi karena lahan disekitar areal Rumah sakit tidak ada yang bisa dibebaskan lagi.

“kondisi ruang inap kita saat ini memang sudah tidak mencukupi. Namun untuk pengembangan bangunan ruangan pasien tidak bisa lagi kita lakukan karena lahan disekitar rumah sakit ini sudah tidak ada lagi yang bisa dibebaskan, kita hanya bisa mensiasatinya dengan penambahan bangunan bertingkat, “ungkap Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade Moch Djoen Sintang Hary Sinto Linoh.

Sinto mengatakan bahwa ruang rawat inap yang dimiliki RSUD sintang saat ini sudah tidak mencukupi lagi sehingga pihaknya merencanakan akan menambah ruangan dengan bangunan bertingkat. “untuk penambahan bangunan sudah kita cancang bangunan bertingkat, “ujarnya.

Sinto juga mengatakan bahwa status RSUD sintang saat ini sudah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) sehingga sudah selayaknya RSUD Sintang mempunyai fasilitas yang sebanding. apalagi RSUD Sintang saat ini sudah menjadi salah satu rumah sakit rujukan diwilayah Timur Kalimantan barat, sehingga secara otomatis pasien pasti selalu penuh karena Orang datang berobat bukan hanya dari Sintang, “jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjut Sinto, seyogyanya bangunan RSUD Sintang perlu diperluas. Dengan catatan bangunan ditambah ke atas atau dirancang bertingkat. Lantaran dibangun melebar sudah tidak memungkinkan. “Penambahan sarana menyesuaikan luas tanah yang dimiliki,” kata Sinto.

Ia juga menambahkan bahwa kekurangan akses ruangan menjadi persoalan menyangkut pelayanan rumah sakit. Pasien terpaksa dirawat diselasar jika ruangan lagi penuh. Kondisi itu sulit terelakan. Pihak manajemen tak bisa berbuat banyak. Kecuali memaksimalkan pelayanan perawatan.

Sementara fasilitas ruang inap, lanjut Sinto, yang dimiliki RSUD Sintang terdiri atas lima kamar VIP. Sebanyak 24 tempat tidur untuk kelas I, kelas II mempunyai 28 tempat tidur. Ruangan kelas III paling banyak fasilitas tempat tidurnya. Yakni, sebanyak 126 buah.(Hery Lingga)