Peserta Keluhkan Soal Tes CPNS Rumit

0
1472
Pelaksanaan Tes CPNS sintang berlangsung di SMK N I sintang.
Pelaksanaan Tes CPNS sintang berlangsung di SMK N I sintang.

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Sejumlah Peserta yang mengikuti Tes tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 Kabupaten Sintang yang dimulai Kamis (6/11). mengeluhkan banyaknya materi soal yang rumit serta banyak peserta yang belum paham sama sekali dalam penggunaan system CAT.

Niken (29), satu diantara peserta mengatakan, dari beberapa kelompok soal yang diujikan, materinya sangat sulit untuk ia pahami. Pasalnya, banyak bahan soal yang menjebak dalam memilih jawabannya dan panjang pertanyaannya. ” Soalnya panjang-panjang, jadi cukup sulit dan membingungkan, perlu pelan memahaminya, sedangkan waktu terus berjalan” katanya.

Ia mengaku, sempat merasa khawatir salah mekanisme pengerjaan soal. Pasalnya, waktu yang diberikan panitia dalam memberikan simulator kepada peserta waktunya relatif sebentar.” Pertama-tama masuk, bingung juga bang, saya takut salah pilih menu dalam mengerjakan soal, sehingga berdampak pada nilai saya nanti,” katanya.

Peserta yang pertama kali keluar, pada sesi pertama tes CPNS hari pertama ini, merasa puas dengan hasil yang ia terima. Namun, harus menunggu hasil dari peserta yang lainnya. ” Tadi saya cek di pengumuman hasil, yang diliatkan secara langsung, total nilai saya 310, sementara masuk 10 besar,” katanya.

Kesulitan dalam mengerjakan soal, juga dialami oleh Sri hotniary panjaitan, peserta yang mengambil formasi analisis kebijakan pertama, kesulitan menjawab kelompok soal karakteristik Kepribadian. ” Soal ini, pilihan jawabannya membingungkan, karena di keempat pilihan jawaban hampir sama-sama persis jawabannya,” ujarnya.

Ia juga mengeluhkan waktu yang diberikan panitia, kepada peserta dalam mengerjakan soal. Pasalnya, yang ia ketahui waktu yang diberikan selama 120 menit, tetapi ketika mengerjakan soal waktu hanya 90 menit. ” Saya tadi salah paham saja mengenai waktu pengerjaan soal,” katanya.

Ia mengungkapkan, ketika memasuki ruang tes, berbagai perasaan taku dan senang dialaminya. Hal tersebut, yang membuatnya sedikit grobi dalam mengerjakan soal tes. ” Saat mau mengisi kuisioner saja saya bedebar-debar, tapi ketika selesai dan melihat hasilnya, saya cukup senang karena nilai komulasi saya 360, dan sementara peringkat atas,” katanya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah, mengatakan pada pelaksanaan tes CPNS 2014, sesi satu dihari pertama ini dihadiri oleh semua peserta. ” Pada hari pertama terdapat 500 peserta, yang terbagi 5 sesi. Sesi pertama kita tes 96 peserta, mereka hadir semua,” ujarnya.

Di hari pertama ini, ia mengatakan tidak ada peserta yang mengalami permasalahan dalam kelengkapan administrasi, mereka juga diberikan simulasi sebelum masuk ruang tes sesungguhnya. ” Sampai saat ini, kendala dan permasalahan belum ada, kita harapkan dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

Sekda juga menambahkan, dalam pelaksanaan tes CPNS tahun 2014 di Kabupaten Sintang ini, dilaksanakan selama empat hari. Dalam satu hari terdapat 500 peserta. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan peralatan. ” Peserta sebanyak 1.971, sedangkan komputer hanya tersedia 120 saja. Untuk tahun ini Kabupaten Sintang hanya mendapatkan jatah 99 formasi,” tukasnya.

Panita Pelaksanaan tes CPNS, yang merupakan perwakilan dari Badan Kepegawai Negara, Aris Widianto mengatakan, peserta tidak perlu khawatir ketika menggunakan sistem komputer dalam mengerjakan soal tes. Sebab, pihak panitia akan memberikan simulasi kepada peserta. ” Mereka sebelum masuk tes sesungguhnya, kami berikan simulasi terlebih dahulu agar dapat lebih paham. Saya yakin, walaupun peserta belum pernah menyentuh komputer, setelah dibimbing pasti bisa,” katanya.

Ia juga menjamin, kepada setiap peserta dipastikan dapat menggunakan sistem CAT dengan mudah. Selain diberikan simulasi peserta juga akan dapat bimbingan dari panitia yang berada di dalam ruangan tes. ” Bila ada permasalahan yang membingungkan, peserta dapat mengangkat tangan, akan ada petugas yang akan membimbing,”pungkasnya(Hery Lingga)