Evaluasi Serapan Anggaran, Kumpulkan Pimpinan SKPD

0
1365
PJ. Bupati Sintang Alexsius Akim Gelar rapat konsolidasi bersama pimpinan SKPD Di Lingkungan Bupati Sintang
PJ. Bupati Sintang Alexsius Akim Gelar rapat konsolidasi bersama pimpinan SKPD Di Lingkungan Bupati Sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Dalam rangka optimalisasi serapan APBD tahun anggaran 2015, Pejabat(PJ) Bupati Sintang, Alexsius Akim gelar rapat internal bersama dengan seluruh Pimpinan SKPD yang ada dilingkungan pemerintah Kabupaten Sintang.

Rapat tersebut sebagai bahan evaluasi guna untuk mencari solusi terhadap sejumlah masalah yang menghambat sejumlah kegiatan terkait dengan serapan anggaran APBD tahun 2015 yang belum terealisasi dengan maksimal.

“sebenarnya masalah penyerapan anggaran dari APBD Sintang hingga saat ini belum ada hambatan yang begitu berarti. Hanya saja masih ada pekerjaan yang belum dikerjakan dan itu bukan dari kita sendiri namun hambatan itu karena pihak kontraktor pelaksana perkerjaan yang belum menyelesaikan administrasinya, “tutur Alexsius Akim kepada sejumlah wartawan kemarin.

Ia juga mengatakan bahwa sejumlah pekerjaan terutama dibagian teknis pekerjaan umum masih banyak pekerjaan belum diselesaikan dengan maksimal akan tetapi hingga saat ini masih dalam proses penyelesaikan.

“Tadi saya sudah dengarkan penjelasan dari Kepala Dinas Pekerjaan Umum, dan memastikan semua pekerjaan sudah dalam proses, mulai dari proses tender dan lelang, mudah-mudahaan bulan september sudah mulai dilaksanakan lagi, “katamya.

Dalam kesempatan tersebut, Akim juga meminta kepada minta KPUD sebagai penyelenggara pilkada untuk memperkuat koordinasi dengan berbagai pihak yang terlibat langsung dalam persiapan pelaksanaan Pilkada ini seperti Polri, TNI, serta pihak lain. saya ingin Pilkada di Sintang sukses, aman dan lancar” pinta Akim.

Dalam kesempatan tersebut Akim juga mengingatkan semua pihak untuk melakukan melakukan upaya maksimal dalam mengantisipasi kemarau panjang dengan melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian. Penjabat Bupati Sintang juga mendengarkan langsung mengenai Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) Tahun 2016.

Kewajiban Pegawai Negeri Sipil yang maju dalam pilkada harus mengundurkan diri dari pekerjaan sebagai PNS juga membuat dua jabatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang yang kosong yakni Camat Sepauk yang kosong karena ditinggalkan Agrianus yang maju menjadi calon Bupati Sintang dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Ekonomi Kreatif yang kosong karena ditinggalkan oleh Drs. Senen Maryono, M. Si karena maju mendampingi Drs. Ignasius Juan, MM sebagai calon Wakil Bupati Sintang. Menurut Pj Bupati Sintang jabatan yang kosong akan segera diisi untuk memaksimalkan pelayanan publik dan bergeraknya roda pemerintahan yang efektif.

“pertemuan ini sangat penting dalam rangka saya mendapatkan gambaran persoalan yang ada untuk dicarikan solusi yang baik” terang Akim.

Penjabat Bupati Sintang juga memberikan arahan kepada semua SKPD untuk melakukan langkah-langkah yang sesuai aturan untuk memacu serapan anggaran. “bantu saya dalam menjalankan tugas ini supaya tugas yang diberikan kepada saya bisa saya laksanakan. Kita ini ibaratkan satu kelompok orkestra, maka harus seirama dan kompak. Karena satu saja yang berbeda, suara orkestra akan sumbang” tegas Alexius Akim.