Pol PP Tertibkan Pedagang Musiman

0
2030
: Satpol PP Kapuas Hulu ketika menertibkan pedagang musiman yang berjualan di pinggir-pinggir jalan yang bisa mengganggu kelancaran lalulintas
: Satpol PP Kapuas Hulu ketika menertibkan pedagang musiman yang berjualan di pinggir-pinggir jalan yang bisa mengganggu kelancaran lalulintas

LINTASKAPUAS.COM,KAPUAS HULU-Senin (12/1) lalu sepertinya bukan hari yang tepat bagi pedagang musiman yang datang dari kampung-kampung untuk menjajakan eneka dagangan, berupa buah-buahan dan enak sayur-mayur. Secara tiba-tiba datang puluhan anggota Sat Pol PP yang bertugas melakukan penertiban terutama bagi yang menggelar dagangannya di pinggir-pinggi jalan sehingga mengganggu lalulintas.

Kedatangan petugas trantib jelas membuat pedagang kaget, apalagi saat itu barang jualan mereka masih banyak yang laku. Bahkan untuk buah durian, mereka harus berjualan hingga larut malam, karena pada saat musim durian seperti sekarang ini padagang musiman dari kampung-kampung rata turun ke kota, baik yang berjualan keliling maupun menggelar (membuka) lapak di pinggir jalan raya.

Umumnya padagang musiman menggelar dagangan di pinggir jalan lantaran tidak memiliki tempat berjualan di pasar. Seperti yang diakui Rusdiana, ia mengaku tidak ada tempat lagi untuk berjualan. “Setiap musim buah saya selalu berjualan disini. Kami tidak punya tempat khusus untuk berjualan buah-buahan dan kami berjualan hanya musim-musim tertentu, misalnya musim buah,” paparnya.

Karena tak memiliki tempat berjualan, setiap berjualan selalu dihantui rasa cemas, takut di tertibkan Sat Pol PP. Untuk itu ia berharap kepada pemerintah agar ia bersama temannya dapat disediakan tempat yang layak sehingga mereka juga tidak harus takut dengan Satpol PP jika ada razia. “Tengah sibuk melayani pembeli tiba-tiba datang Pol PP, jelas kami khawatir ditertibkan mereka,” ucapnya.

Demikian juga dengan Leni, mengaku cemas saat ketika anggota Satpol PP datang. Dengan wajah ketakutan ia pun membereskan barang dagangannya agar tidak diangkut petugas. Leni  mengaku tidak tahu jika berjualan di bahu jalan ini tidak diperbolehkan.”Terkejut saya, tiba-tiba ada petugas, mau lari pun tak sempat,” tuturnya disela-sela kesibukannya mengemas buah-buahan dagangannya.

Azmiyansyah Komandan Regu Pol PP Kapuas Hulu mengungkapkan, patroli rutin yang dilakukan Sat Pol PP bukan hanya menertibkan pedagang-pedagang yang berjualan dibahu jalan. Juga melakukan pengawasan anak-anak sekolah yang bolos dan nongkrong saat jam belajar. Untuk pedagang yang berjualan dibahu jalan, ia mengaku sulit melakukan penertiban dengan alasan sosial kemanusiaan.

“Kalau ditindak kasihan juga, karena mereka tidak ada  tempat untuk berjualan,” paparnya. Pol PP merasa serba salah dalam menertibkan aturan, Sat Pol PP dituntut untuk melakukan penertiban pedagang ,sementara pemerintah belum menyiapkan lahan untuk mereka.”Jadi kami tak bisa ambil tindakkan apa pun, kecuali melakukan pembinaan dan peringatan kepada mereka,” ungkapnya.