Polres Sekadau Gelar Bimtek Tipiring

0
1467
Polres Sekadau Bimtek Tipiring
Polres Sekadau Bimtek Tipiring

LINTASKAPUAS.COM – SEKADAU, Bertempat di Aula Polres Sekadau telah di laksanakan kegiatan Bimbingan Tekhnis  lanjutan fungsi sabhara yang di  pimpin oleh Kasat Sabhara Iptu Sri Mulyono yang di ikuti oleh personil Polres Sekadau sebanyak 30 orang terdiri dari anggota Bagian satuan sebanyak 13 orang dan Bintara Remaja sebanyak 17 orang.

Kegiatan dilaksanakan guna pelatihan Tindak Pidana Ringan ( Tipiring )  dalam mengantisipasi situasi dan kondisi di wilayah Kabupaten Sekadau saat ini yang kian  berkembang sehingga akan menimbulkan permasalahan sosial. Untuk itu perlu adanya tatanan aturan yang jelas dalam menangani permasalahan.

Dalam paparannya, Iptu Sri Mulyono mengatakan Sebagai aparat penegak hukum maka personil Polri harus mempelajari segala aturan serta memahami karateristik daerah di mana bertugas, sehingga akan memudahkan untuk melakukan tindakan hukum yang tidak akan berbenturan dengan hukum yang telah di buat oleh masyarakat setempat. Ujarnya, selasa 31/5/16.

Menurutnya, kabupaten Sekadau sudah banyak tempat-tempat penginapan maupun  cafe dan tidak menutup kemungkinan akan memunculkan para pendatang dari luar Kabupaten Sekadau dengan alasan untuk mencari pekerjaan sehingga terjadinya permasalahan sosial yang mengakibatkan gangguan keamanan.

Untuk itu, maka personil Polri perlu mempelajari tentang sistem aturan penanganan tindakan pidana ringan.  Semua bertujuan agar dalam penerapanya tidak melanggar hukum yang akan merugikan pihak Polri itu sendiri.

Karena untuk di Kabupaten Sekadau saat ini masalah Peraturan Daerah ( Perda) untuk tipiring baru akan di rencanakan sehingga pihak Polres Sekadau belum dapat melaksanakan sesuai dengan aturan.  Selama ini, apabila Polres Sekadau melaksanakan tipiring terhadap pelanggar hanya di berikan teguran dan di buatkan surat pernyataan. Tuturnya. ( Hermanto