Potensi Wisata Terkendala Kawasan Lindung

0
1437

LINTASKAPUAS.COM,KAPUAS HULU-Lebih separoh wilayah kabupaten kapuas hulu masuk dalam kawasan hutan lindung dan kawasan taman nasional. Sehinga Pembangunan dan pengembangan potensi wisata di Bumi Uncak Kapuas terkendala. Lantaran potensi-potensi wisata yang memiliki nilai jual sebagian berada di kawasan TNBK (Taman Nasional Betung Kerihun) dan TNDS (Taman Nasional Danau Sentarum).

Kendala tersebut di akui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisat Kabupaten Kapuas Hulu, Antonius. Karena berada dikawasan hutan lindung, langkah pengembengan tentu terkendala dengan aturan lingkungan hidup dan kehutanan. “Ketika kami mau kelola potensi wisata itu terbentur regulasi dari pemerintah pusat terutama dikawasan taman nasional,” terang Antonius pada wartawan Rabu (7/1).

Sementara, sambung Antonius, potensi ada, tetapi ketika mau membangun tidak diperbolehkan oleh aturan, semestinya balai terkait yang mengembangkan. Beberapa potensi wisata berupa riam, arung jeram, danau juga air terjun yang dapat dikelola pada kawasan hutan. Sejauh ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kapuas hulu sudah berkoordinasi dengan taman terkait untuk proses pengembangan.

“Sampai sekarang belum ada tindak lanjut karena pihak TNDS maupun TNBK belum dapat perintah dari tingkat Pusat. Kami sudah mencoba dengan pihak balai di Kapuas Hulu ini, tapi mereka juga belum bisa berbuat banyak karena mereka hanya sebagai pelaksana, kalau tidak ada perintah dan persetujuan dari pusat tidak bisa lakukan apa-apa. Ini yang adalah kendala utama kami,” terangnya.

Karena potensi wisata di dalam kawasan hutan tidak bisa digarap, lanjut Anton, Disbudpar Kapuas Hulu berupaya mengembangkan sektor wisata yang sudah ada. Baik sektor wisata berupa situs maupun cagar budaya. “Saat ini kami hanya bisa promosi dan kembangkan sektor wisata yang sudah dikelola daerah. Disamping itu pelestaria seni budaya daerah tetap kami utamakan,” terang Anton.

Dari data kunjungan wisatawan, kapuas hulu memiliki potensi yang cukup besar, setiap tahun turis-turis asing berdatangan ke kapuas hulu. Potensi yang sangat di gemari adalah wisata alam, budaya dan situs-situs yang ada. “Kunjungan wisatawan setiap tahun meningkat. Jika potensi ini bisa kami kelola secara maksimal, tanpa terbentur aturan tentang kehutanan tentun lebih baik,” jelasnya