Rancang Operasi PETI

0
1384
Polres Sintang Gelar Rapat lintas sektoral dalam rangka Penuntasan PETI Sintang
Polres Sintang Gelar Rapat lintas sektoral dalam rangka Penuntasan PETI Sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Wakapolres Sintang Komisaris Rachmat Tri Haryadi mengatakan dalam Pemberantasan Pertambangan Emas Tanpa Izin (PETI) perlu keseriusan segenap pihak. Memberantas PETI butuh kesinambungan serta gerakan bersama dan Langkah harus disatukan agar gerakan yang dibangun berjalan efektif
“gerakan  penindakan PETI dalam waktu dekat segera direalisasikan. Operasi penertiban dijalankan  dengan  melibatkan pihak terkait. Bukan hanya unsur kepolisian dan akan segera kita koordinasikan. Yang jelas bulan ini (oktober). Memberantas PETI sudah  menjadi komitmen bersama,” kata Rachmad

Wakapolres menambahkan, dalam penertiban PETI akan dibentuk tim terpadu. Gerakan bersama yang dibangun diharapkan mampu mengoptimalkan pemberantasan PETI.  “Langkah pre eventif maupun preventif  sudah kepolisian jalankan dalam memberantas PETI. Kita tidak berdiam diri,” tambahnya.

sementara Kadistamben Sintang Syamsul Hadi optimis gerakan tim terpadu akan memberikan pengaruh besar terhadap  PETI. Penambang liar bakal berfikir ulang beraktifitas  jika tidak ingin berhadapan dengan hukum. Harapan paling utama yakni tumbuh kesadaran hukum masyarakat,  jika PETI bertentangan dengan  aturan.

Ia menambahkan, aktifitas PETI di Sintang sepenuhnya ilegal. Tidak benar kalau ada retribusi untuk PETI. Pasalnya di Sintang tidak terdapat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur. “Bila ada menyatakan sudah membayar retribusi. Itu sama sekali salah. Uang retribusinya tidak masuk ke kas negara,” kata Syamsul.

Kadistamben mengatakan,  sejak 2013 sudah tidak ada lagi izin  Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) yang dikeluarkan. Pihaknya enggan menetapkan WPR karena tidak gampang pemantauannya. “Semua harus terkontrol,” kata dia.

Kadistamben menambahkan, tindakan preventif juga kerap dilakukan guna  mengatasi PETI. Langkah terbaru yakni sudah mengirim surat ke Camat dilingkungan Pemkab Sintang, meminta  data tentang keberadaan PETI.

Ia pun menyatakan hasil rapat koordinasi lintas sektoral di Polres Sintang akan segera dilaporkan ke Bupati. Langkah ini diambil untuk pemberitahuan kepada kepala daerah berkenaan upaya bersama dalam  penindakan PETI.

Perwakilan Pol PP,  Sabtu, saat rapat berlangsung yakin pemberantasan PETI bisa berjalan. Karena itu, dibutuhkan kesungguhan dalam penindakan soal PETI.( Hery Lingga)