SDM Kesehatan di Puskesmas Masih Minim

0
1542
dr. Sinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang
dr. Sinto Linoh, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Pelayanan Kesehatan disejumlah puskesmas yang ada dikabupaten Sintang masih terbatas, selain minimnya fasilitas yang dimiliki juga sumber daya Manusia(SDM) khususnya tenaga kesahatan masih terbatas.

“masalah tenaga kesehatan yang kita miliki khususnya untuk puskesmas masih minim, sebagai salah satu contoh belum adanya Dokter Spesialis Gigi, “ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Sintang Harysinto Linoh kepada sejumlah wartawan saat ditemui diruang kerjanya belum lama ini.

Menurutnya, tenaga Dokter Gigi untuk ditempatkan disejumlah Puskesmas sangatlah penting karena masalah keluhan terkait dengan gigi dilingkungan masyarakat sangat tinggi, oleh sebab itu kedepannya pihaknya akan mengusahakan SDM tersebut.

Ia juga tidak menampik jika setiap puskesmas saat ini sudah mengalami kemajuan dibidang Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada sudah cukup lumayan karena saat ini setiap Puskesmas sudah ditempatkan dokter. Namun ia menyadari, tentu tidak.  semua penyakit,  mampu ditangani ditingkat Puskesmas.

“Memang tidak semua penyakit bisa. Ini dikarenakan, keterbatasan sarana Puskesmasnya,” tegasnya.
Sinto menuturkan ada beberapa faktor yang yang menentukan pelayanan kesehatan di Puskesmas, seperti ketrsediaan sarana dan SDM. “Jadi ketersediaan SDMnya sangat penting dan pelayanan kepada masyarakat harus profesional,”katanya.

Sinto mengatakan saat inipun di 20 Puskesmas yang terdapat di. Sintang sudah memiliki dokter umum, bidan dan tenaga kesehatanya pun sudah cukup tersedia. “Seperti kalau deteksi gangguan. kehamialan dokte rumum itu sudah bisa. Hanya memang yang masih minim ini dokter gigi,” pungkasnya(Lg)