SDN 1 Wakili Sintang Lomba Sekolah Adiwiyata

0
1795
Pihak sekolah, dan orang tua murid SDN 1 Sintang menggelar pertemuan menjelang lomba sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi
Pihak sekolah, dan orang tua murid SDN 1 Sintang menggelar pertemuan menjelang lomba sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Sekolah Dasar Negeri 1 Sintang merupakan sekolah yang terpilih untuk mewakili Sintang dalam ajang lomba Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi yang ditunjuk langsung oleh Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sintang mulai berbenah diri.

Ditunjukknya sekolah tersebut sebagai perwakilan Sintang untuk mengikuti lomba tersebut mendapat dukungan penuh dari pihak komite sekolah dan orang tua murid. Dan akan ikut pro aktif dalam melakukan pembenahan di beberapa lokasi. Selain untuk mengikuti lomba sekolah adiwiyata, posisi SDN 1 yang berada lokasi sangat strategis di tengah kota serta dikeliling oleh gedung besar seperti Gedung Pancasila, Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang dan Gedung GKII Imanuel yang megah.

Anggota Komite Sekolah SDN 1 Masu’ud Nawawi menyampaikan bahwa sebuah sekolah bisa mengikuti lomba adiwiyata jika lngkungan sekolah harus hijau, bersih dan tertata dengan baik, ketersediaan air harus lancar, ruang uks harus berfungsi, tanaman obat harus ada sebagai penunjang, parit saluran air harus lancar, ruang kelas, kantor guru, tata usaha, ruang kepala sekolah harus tertata dengan baik, pagar sekolah harus terawat, dan spanduk himbauan-himbauan harus ada.

“perbaikan WC guru dan murid sudah dilakukan tetapi jumlahnya masih kurang dibandingkan dengan jumlah murid. yang belum dilakukan sangat memerlukan partisipasi oleh seluruh orangtua murid seperti pembenahan dan pengecatan pagar sekolah, perbaikan parit kurang lebih 60 meter, dan pengadaan tempat sampah di depan ruang kelas, pengecatan dinding sekolah, dan penambahan tanaman pohon pelindung dan bermanfaat seperti buah-buahan.

Ibrahim Pengawas TK dan SD Di Kecamatan Sintang menjelaskan bahwa sesuai dengan namanya SDN 1, maka harus menjadi nomor satu. “untuk itu baik itu pihak sekolah, komite sekolah dan seluruh orangtua murid harus mendukung kegiatan ini, demi sekolah ini dan anak-anak yang menuntut ilmu disini”ajak Ibrahim.

Sementara Darius Kepala Sekolah SDN 1 Sintang menjelaskan bahwa ada 426 orang murid yang sekolah di SDN 1. “Di Kota Sintang ada 16 sekolah, namun yang dipilih hanya 2 sekolah yakni SDN 1 dan SMKN 1. Kita harus serius mengikuti kegiatan ini dengan melakukan banyak persiapan” terang Darius.

Sekolah adiwiyata adalah Sekolah yan peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat di sekitar sekolah agar dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat bagi kesehatan tubuh kita. ADIWIYATA berasal dari 2 kata sansekerta yaitu ADI dan WIYATA. Adi sendiri mempunyai arti yaitubesar, agung, baik, ideal atau sempurna. Sedangkan Wiyata mempunyai arti tempat dimana seseorang mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika. ADIWIYATA artinya tempat yang besar, agung, baik dan indah yang dimana tempat itu digunakan oleh seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma, dan etika.

Tujuan Adiwiyata adalah membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang. mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan melalui tata kelola sekolah yang baik untuk untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. prinsip-prinsip Dasar Program Adiwiyata adalah partisipatif dan berkelanjutan.(*)