Sijago Merah Amuk 12 Ruko Akcaya

0
1506
Kobaran Api yang melahap 12 ruko di Akcaya 1 Sintang membumbung tinggi
Kobaran Api yang melahap 12 ruko di Akcaya 1 Sintang membumbung tinggi

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Sebanyak 12 Pintu Ruko yang terletak dijalan Sintang-Kelam permai kelurahan Akcaya 1 Kecamatan Sintang rata dengan Tanah setelah diamuk sijago merah pada , Selasa (29/9) dini hari sekitar pukul 01.30 Wib kemarin.

Kasat Reskrim Polres Sintang Akp Samsul Bahri mengatakan, berdasarkan terengan dari sejumlah saksi yang berada di lokasi terjadinya kebakaran kuat dugaaan api berasal dari atap ruko Elang Jaya. “Dugaan sementara Penyebab kebakaran yakni korsleting dari sambungan Listrik dari ruko Elang Jaya.” jelasnya.

tim identifikasi Polres Sintang saat menggelar Olah TKP kebakaran
tim identifikasi Polres Sintang saat menggelar Olah TKP kebakaran

Ia mengatakan, selama ini, setiap terjadi kebakaran disejumlah ruko mayoritas disebabkan karena korsleting listrik. “kalau kita mengacu pada pengalaman-pengalaman yang sudah berlalu, penyebab utama terjadinya kebakaran mayoritas karena Korsleting listrik.

Kondisi tersebut seharusnya menjadi perhatian utama dari pihak terkait terutama dalam peremajaan kembali kabel listrik yang ada, karena menurutnya, standar pemakaian Kabel listrik maksimal 10 tahun dan sudah harus diremajakan, “sebenarnya Kabel Listrik kita disintang ini sudah selayaknya diremajakan karena sudah banyak yang usang, akan tetapi alasannya nanti pasti kembali kemasalah pendanaan lagi, “ujar kasat.

Ia menjelaskan, akibat kebakaran tersebut seijago merah berhasil menghangus 12 Pintu Ruko. Namun dalam peristiwa tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. “untuk korban jiwa tidak ada dan untuk kerugian secara material hingga saat ini kita masih melakukan pendataan, “jelasnya

Hingga berita ini diturunkan tim identifikasi Polres Sintang, terus melakukan oleh Tempat Kejadian Perkara, guna melakukan penyelidikkan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kebakaran yang telah menghanguskan 12 ruko tersebut.

Sementara itu, satu diantara korban kebakaran,  Aliang saat ditemui di lokasi paskah musibah tersebut, negaku  tidak ada barang yang bisa diselamatkan dari kejadian kebakaran itu,”semuanya habis,” ujarnya.

Pada saat kejadian, diakuinya sedang tak berada di tokonya. “Saya kan tidak tinggal ditoko, namun rumah saya tak jauh dari sini (tokonya), sekitar pukul 02.00 Wib, saya mendengar ada warga berteriak kebakaran, Mendengar itu, saya langsung keluar menuju toko saya, dan setelah sampai, apinya sudah besar,” katanya.

Dia menaksir, kerugian yang di alaminya, mencapai Puluhan juta Rupiah,”Kalau kepastian kerugian, saya belum tau, tapi kalau puhunan juta, itu ada,” pungkasnya.(Lg)