Test Flight Bandara Tebelian Direncanakan Agustus

0
4390
Pembangunan Apron Bandara Tebelian terus dilakukan. Pembangunan fasilitas pendukung bandara menjadi salah satu prioritas pembangunan. Mengingat, pemerintah berencana melaksanakan test flight pada Agustus mendatang
Pembangunan Apron Bandara Tebelian terus dilakukan. Pembangunan fasilitas pendukung bandara menjadi salah satu prioritas pembangunan. Mengingat, pemerintah berencana melaksanakan test flight pada Agustus mendatang

LINTASKAPUAS.COM,SINTANG-Untuk memperlancar dan mempercepat proses pembangunan Bandara Tebelian, Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan evaluasi guna membangun kebersamaan dengan berbagai pihak. Bupati Sintang, Milton Crosby menyampaikan bahwa Pemkab Sintang sangat mengharapkan dukungan penuh dari berbagai instansi guna mempercepat operasional Bandara Tebelian.

“Saat ini, Bandara Tebelian terus dikerjakan. Apron sedang diaspal, ruangan VIP akan dilanjutkan pembangunannya. Rencananya, pada 18 Agustus 2015 nanti, bisa diresmikan peresmian pra operasional dan test flight pesawat di landasan pacu,” kata Milton.

Hatta, Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika menyampaikan bahwa operasional Bandara Tebelian sudah mendapatkan dukungan penuh dari banyak pihak. Seperti PDAM, Badang Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika di Jakarta, PT PLN Wilayah Kalbar di Pontianak, PT Telkom, PT Pertamina MOR VI Kalimantan di Balikpapan.

“Bahkan PLN dan Telkom sudah mulai memasang instalasi. Pemprov Kalbar juga akan mengucurkan anggaran untuk membantu pembangunan Bandara Tebelian,” katanya.

Kepala Bandara Susilo Sintang, Poltak Gordon menyampaikan, Bandara Tebelian tahun ini akan ada pelapisan landasan pacu, pembuatan drainase apron, penyelesaian gedung dan ruang tunggu dan melengkapi fasilitas lain.

“Pembangunan Bandara Tebelian mendapat dukungan dana dari Pemerintah Pusat. APBN Perubahan Tahun 2015 juga sudah dapat anggaran Rp 32 milyar,” katanya.

Ia mengatakan, landasan pacu Bandara Tebelian tahun ini akan mencapai 1.650 meter. Dan tahun 2016 bisa menjadi 1.970 meter. “Apron pada tahap awal bisa menampung 3 pesawat,” jelas Poltak Gordon.

BMKG Sintang sendiri siap mendukung operasional Bandara Tebelian. Tahun 2015 ini sudah mendapatkan dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan gedung beserta peralatan untuk di Bandara Tebelian.

PLN juga menyatakan siap mendukung dan akan segera membangun jaringan khusus yang terpisah dengan jaringan umum dan akan memerlukan 500 KVA. Dukungan juga didapat dari PT Telkom yang akan segera memasang kabel bawah tanah menuju gedung terminal.