Tingkatkan Toleransi Dalam Keberagaman Melalui PGD

0
1376
Ketua DAD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang, Jeffray Edward mengharapkan melalui Pekan Gawai Dayak(PGD) Sintang tahun 2017 yang akan berlangsung selama lima hari yang akan datang, mampu meningkatkan Toleransi dalam keberagaman.

“Untuk Gawai Adat Dayak Kali ini, harapan kita bisa meningkatkan tolerasi dalam keberagaman di Kabupaten sintang baik suku, adat, ras, agama dan status sosial yang sudah ada sejak dulu dan tetap bisa berdampingan hidup rukun di Kabupaten Sintang ini, “ungkap Jeffray kepada awak media kemarin.

Menurutnya, Kabupaten Sintang merupakan salah satu kabupaten yang kaya akan keanekaragaman suku, adat dan budaya dan ini merupakan salah satu asset daerah yang tidak dimiliki oleh daerah lain, sehingga harus tetap dijaga dan dilestarikan.

“Keanekaragaman yang kita miliki saat ini merupakan kekayaan dan keindahan suatu daerah yang tidak dimiliki oleh daerah lainnya, “tutur Jeffray yang juga merupakan Ketua DPRD Sintang ini.

Politisi PDI-Perjuangan ini mengatakan bahwa pekan Gawai Dayak yang digelar saat ini merupakan event besar pertama sejak dirinya terpilih menjadi Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sintang pada Bulan Desember tahun 2016 lalu.

Event ini akan berpotensi menjadi dayak tarik wisata tersendiri apabila dikemas dengan sebaik-baiknya, oleh sebab itu panitia penyelenggara dituntut kerja ekstra untuk mensukseskan gawai akbar ini dengan baik, Pungkasnya.

Sementara ketua Panitia pelaksana Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang, Hendrika mengatakan bahwa kegiatan akbar tersebut akan diselenggarakan selama lima hari sejak tanggal 11-15 Juli 2017 yang berlangsung di Stadion Baning Kota Sintang.

Pekan Gawai Adat Dayak kali ini kita melibatkan seluruh kecamatan yang ada dikabupaten Sintang. Dan dalam event ini terbuka untuk seluruh masyarakat kabupaten sintang, bahkan sejumlat etnis budaya yang ada di Kabupaten Sintang ini juga ikut terlibat untuk memeriahkan pekan gawai Dayak ini, seperti budaya melayu, jawa dan etnis lainnya “jelas Hendrika.

Selain itu, ada beberapa instasi pemerintahan serta instasi vertical lainnya serta organisasi-oranisasi dan PPK juga ikut memeriahkan kegiatan ini dengan mendirikan sejumlah Stand Pameran, kurang lebih ada 35 stand yang sudah kita bangun, “ujarnya.

Ia juga menambahkan bahwa pekan Gawai Dayak yang berlangsung selama 5 hari kedepan akan di isi dengan sejumlah perlombaan tradisonal seperti tari tradisonal, tarian kreasi, permainan rakyat, permainan menyumpit, menumbuk padi serta sejumlah permainan lainnya, “pungkasnya.