Tips Sukses Hadapi Ujian Nasional Versi Bupati Sintang

0
1580

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Ujian Nasional (UN) tahun 2016 akan dimulai di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mulai pada 4 April 2016. Tentu banyak siswa yang merasa takut dan was-was dalam mempersiapkan ujian maupun saat melaksanakan UN tersebut.

Selama ini, Ujian Nasional menjadi momok menakutkan bagi semua siswa tingkat akhir bahkan kondisi tersebut terbawa-bawa kepada guru dan orang tua. Sebagai upaya netralisir rasa ketakutan tersebut Bupati Sintang, Dr. H. Jarot Winarno Langsung memberikan Motivasi serta semangat kepada ratusan pelajar yang ada dikabupaten Sintang.

Ratusan pelajar dari berbagai SMA,MA, SMK se-Kabupaten Sintang Tampak ramai memadati ruangan aula SMKN 1 Sintang ikut mendengarkan Penyampaian Motivasi dalam upaya meningkatkan daya mutu pembelajaran, yang berlangsung pada, kamis(24/3)

Bahkan dalam kesempatan tersebut Bupati Sintang memberikan tips-tips untuk  menghadapi Ujian Nasional tahun 2016 kepada ratusan pelajar yang ikut menghadiri acara tersebut

Bupati Sintang, Dr. Haji Jarot Winarno mengatakan, Ujian Nasional merupakan dimana titik puncak menuju kelulusan dari sekolah. Sudah barang pasti, semua pelajar yang akan mengikuti  ujian nasional pastinya akan mengalami stress

“Jadi, saya mengajak kepada seluruh peserta yang hadir pada saat ini untuk mengambil sikap dengan mengatur pola pernapasan dengan pola 478, kemudian selalu berdoa, dan tentunya harus memperhatikan persiapan dengan baik ketika ingin melaksanakan Ujian Nasional yang akan dilaksanakan 12 hari lagi, “ kata Jarot.

Ia juga menyampaikan bahwa ada tiga tips belajar efektif sebagai persiapan menhadapi ujian Nasional diantaranya tips yang pertama menggunakan teknik, read yaitu “membaca”, dengan teknik membaca tentunya pemahaman yang telah dipelajari materi pada saat proses pembelajaran yang lalu maka teknik itu digunakan kembali demi kelancaran dalam menghadapi Ujian Nasional.

Tips yang kedua dengan menggunakan teknik riset yaitu “serap materi kedalam otak” di  teknik ini untuk kita mengingat apa yang materi kita baca tadi.

Tips yang ketiga dengan menggunakan tehnik review yaitu “mengulang” mengulang materi yang telah dibaca, dan diserapkan ke otak, dengan mengulang materi, mengingatnya kembali pastinya akan sukses dalam menjalani proses Ujian Nasional, “jelas Jarot.

Jarot juga menghimbau kepada seluruh Pelajar yang akan mengikuti Ujian Nasional agar tidak menjadikannya sebagai beban masalah. “ingat dalam menghadapi UN jangan sampai stress. Tapi, hadapi dengan santai penuh semangat.”ucapnya.

Selain itu, lanjut Bupati, kepada seluruh Pelajar yang akan mengahadapi UN untuk mengurangi jam bermain, serta pada sebelum berangkat ke sekolah untuk melaksanakan Ujian Nasional nanti haruslah sarapan dengan nasi, karena tubuh kita membutuhkan karbohidrat yang cukup untuk energi serapan ilmu dalam menghadapi UN ini.” Tegas Jarot.