TPA Minim Perhatian Dari Pemerintah

0
1474
Ilustrasi
Ilustrasi

LINTASKAPUAS.COM-SINTANG, Taman Pendidikan Alquran(TPA) merupakan salah satu lembaga yang berkontribusi membangun kualitas religious serta menjadi mesin pencetak generasi muda sejak dini serta agar menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki akhlak dan moral yang baik.

Namun, miris karena hingga saat ini bentuk perhatian baik dari masyarakat serta Pemerintah terhadap Lembaga formal khususnya yang ada di Kabupaten Sintang masih minim sehingga pihak-pihak penyelenggara serta tenaga pengajar TPA tidak fokus untuk menjalankanya.

Beranjak dari kondisi tersebut, Tokoh agama Kabupaten Sintang, Ahmadison merasa prihatin. Jika kondisi itu terus dibarkan dikhawatirkan kedepan akan berdampak buruk terhadap akhlak dan moral generasi penerus bangsa.

“Mengajarkan ilmu agama sangatlah penting sebagai wujud pembentukkan akhlak dan moral anak-anak sejak dini. salah satu yang berperan untuk mewujudkannya melalui lembaga TPA agar sianak bisa mem baca dan memahami isi Al – quran serta bisa menerapkannya dalam hidup sehari-hari, “tutur Ustad.

Untuk menanggulangi kondisi itu, dia berharap semua pihak termsuk pemerintah harus mngambil sikap, dengan cara terus melekukan pembinaan di taman pendidikan al quran di smua daerah, termasuk Kabupaten Sintang.

 “Selain itu, tokoh agama juga di harapkan ikut serta dalam memikirkan kondisi  yang semakin hari dirasakan semakin rendahnya minat masayarak dalam memperlajari membaca alquran yang baik dan benar,”kataya.

Ditambahkannya pula, para guru ngaji juga harus terus di motivasi, dengan cara memberikan honor yang layak. Sehingga mereka semakin giat mengajarkan anak-anak usia dini dalam mempelajari baca alquran.

Menurutnya juga untuk menumbuhkan minat baca alquran khususnya di usia deni, tentu harus di dukung melalui Even-iven perlombaan, Musabaqah Tilawatil Qur’an termasuk salah satu iven yang dapat meningkatkan motivasi.

Hanya saja kata dia, MTQ yang di gelar dengan menggelontorkn dana yang besar jangan sampai sebatas iven tahunan untuk mendpatkan nama, namun diharapkn hasil dari MTQ itu menjadi motivasi tersendiri untuk terus menciptakan genenasi islam yang mampu melaflkan bacaan alquran sesui kaedah.

“Iven MTQ harusny juga di gelar antar surau, masjid. dengan apresiasi yang di berikan kepada ana-nak, saya kira anak-anak pun akan lebih giat untuk belajar membaca Alquran yang baik dan benar,”tukasnya.