Darem 121/Abw Hadiri Pelatihan Penanganan Konflik Sosial di Mempawah

0
96
Simulasi penanganan konflik sosial yang melibatkan TNI – Polri di Kabupaten Mempawah

LINTASKAPUAS | MEMPAWAH – Komandan Korem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P., menghadiri kegiatan Latihan Kesiapan Operasi Penanganan Konflik Sosial Kodam XII/Tpr TA. 2023 yang dilaksanakan di Kantor Bupati Mempawah, Senin (16/10/2023).

Kegiatan latihan ini di gelar oleh Kodiklat TNI sebagai persiapan menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Dalam latihan yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Mempawah ini melibatkan personel dari Kodim 1201/Mempawah, Yonif 643/Wns, Yonkav 12/BC, Yonzipur 6/SD, Pomdam XII/Tpr, Yonmarhanlan XII, Brimob Polda Kalbar, Polres Mempawah, Satpol PP Kabupaten Mempawah serta instansi terkait lainnya.

Latihan operasi ini dilaksanakan untuk tugas perbantuan TNI kepada Pemda yang dilaksanakan Kodam XII/Tpr dalam penanganan situasi dan peristiwa konflik yang mencakup pencegahan dan penghentian serta pasca konflik. Untuk itu diperlukan latihan kesiapsiagaan operasional Kodam XII/Tpr demi mewujudkan stabilitas keamanan nasional di daerah.

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Luqman Arief, S.I.P., saat diwawancarai awak media menyampaikan, Kegiatan latihan ini merupakan kolaborasi antara TNI-POLRI dan Pemerintah Daerah maupun semua komponen yang ada di wilayah, untuk sama-sama bekerjasama membantu menyelesaikan segala permasalahan yang di hadapi oleh wilayah tersebut.

 

Lanjut Danrem 121/Abw, Untuk persiapan TNI dalam menghadapi Pilkada kita sudah jauh-jauh hari dan kita bersama-sama bekerjasama dengan rekan baik daripada kepolisian maupun pemerintah daerah dan seluruh komponen yang ada di wilayah untuk mengantisipasi baik secara perfektif kemudian dengan kegiatan-kegiatan partisipasi baik itu juga kegiatan-kegiatan latihan juga, apabila terjadi suatu hal yang tidak kita inginkan yang terburuk kita siap hadapi.

 

“Akan tetapi konsep kita ke depan adalah bagaimana kita jauh-jauh hari mengantisipasi sehingga apabila ada permasalahan di lapangan segera kita atasi, ibarat kita berpikir sebelum api besar segera kita padamkan, karena kalau sudah besar kita akan sulit untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Insya Allah bisa ini terjadi bisa kita selesaikan dengan kolaborasi bersama, kita kerjasama bersama semua pihak yang ada di wilayah ini”, Ungkap Danrem.

 

Sementara itu, Bupati Mempawah, Hj Erlina SH.MH., menyampaikan kami atas nama pemerintah daerah Kabupaten Mempawah mengucapkan terima kasih kepada TNI beserta jajaran yang mana pada hari ini alhamdulillah untuk di wialyah Kalimantan Barat, Kabupaten Mempawah telah ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan simulasi bilamana terjadi konflik untuk kegiatan Pemilu.

 

Bupati Mempawah, Hj Erlina SH.MH., juga berharap semoga dengan adanya latihan simulasi ini kolaborasi dapat terwujud dan permasalahan-permasalahan yang memang kita persiapkan yang akan terjadi itu mudah-mudahan tidak terjadi, tapi kita dari awal sudah punya perencanaan strategi untuk bersama-sama mencegah jangan sampai konflik itu terjadi.

 

Latihan ini diselenggarakan oleh Kodiklat TNI dengan melibatkan personel dari Kodim 1201/Mempawah, Yonif 643/Wns, Yonkav 12/BC, Yonzipur 6/SD, Pomdam XII/Tpr, Yonmarhanlan XII, Brimob Polda Kalbar, Polres Mempawah, Satpol PP Kabupaten Mempawah serta instansi terkait lainnya.

 

Latihan operasi ini dilaksanakan untuk tugas perbantuan TNI kepada Pemda yang dilaksanakan Kodam XII/Tpr dalam penanganan situasi dan peristiwa konflik yang mencakup pencegahan dan penghentian serta pasca konflik. Untuk itu diperlukan latihan kesiapsiagaan operasional Kodam XII/Tpr demi mewujudkan stabilitas keamanan nasional di daerah.(Penrem 121/Abw)