Desak Realisasi Pembangunan PLBN Sei Kelik

0
164
Wakil Ketua DPRD Sintang Jeffray Edward

LINTASKAPUAS | SINTANG – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Sintang, Jeffray Edward mendesak pemerintah pusat untuk segera merealisasikan pembangunan Pos Lintas Batas Negara(PLBN) Sungai Kelik yang terletak didaerah perbatasan wilayah kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang.

 

“Realisasi pembangunan PLBN Sei Kelik menjadi salah satu bukti bahwa negara hadir ditengah-tengah masyarakat yang ada di daerah perbatasan khusunya masyarakat yang ada diwilayah kecamatan Ketungau Hulu dan ketungau tengah, ” ungkap Jeffray saat ditemui lintaskapuas.com kemarin.

 

Menurut Politisi Partai Demokrasi Indonesia -Perjuangan (PDI-P) Kabupaten Sintang ini menilai bahwa pembangunan infrastruktur diwilayah provinsi Kalimantan barat belum merata khusunya untuk daerah wilayah timur Kalimantan barat. pasalnya dari beberapa PLBN yang menjadi program pembangunan pemerintah pusat diwilayah provinsi Kalimantan barat hanya PLBN Sei Kelik yang hingga saat ini belum ada progres pembangunannya.

“Program pembangunan PLBN yang menjadi program pembangunan Pemerintah pusat Hanya PLBN Sei Kelik yang belum jadi, yang lainnya sudah beroperasional malahan, contoh PLBN Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang, PLBN Temajok Sambas, PLBN Badau Kapuas hulu, PLBN Entikong Kabupaten Sanggau, ” ungkapnya.

 

Menurut Legislator Daerah Pemilihan Sintang III ini, bahwa kabupaten Sintang sangat layak memiliki PLBN mengingat berbatasan langsung dengan Negara tetangga Serawak Malaysia. dan sangat didambakan oleh seluruh masyarakat Sintang khususnya yang ada diwilayah perbatasan.

“Dengan adanya pembangunan PLBN sungai kelik tentu akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada diwilayah perbatasan, karena dengan adanya pembangunan PLBN tentu akses infrastrukur jalan juga akan diperbaiki, “jelasnya.

 

Kalau kita melihat kondisi saat ini, Lanjut Jeffray, khusunya untuk akses infrastrukur jalan sangat memperihatinkan khususnya akses jalan penghubung dari kota kabupaten Sintang menuju Kecamatan saat sudah lama tidak bisa dilalui kendaraan roda Empat, roda dua pun susah tembus kesana dalam kondisi cuaca hujan. “tuturnya.

Ia berharap kepada pemerintah Pusat untuk segera mewujudkan pembangunan PLBN sungai kelik demi memberikan rasa keadilan kepada masyarakat yang ada diwilayah perbatasan yang juga merupakan bagian dari Negara Republik Indonesia.

“Kita berharap agar segera diselesaikan penetapan titik nol batas kedua antar negara, dan pemerintah kabupaten harus siap memenuhi fasilitas pendukung yang dibutuhkan. apa pun yang dibutuhkan jika menjadi domain dan tanggung jawab daerah harus diusahakan dengan semaksimal mungkin demi terwujudnya PLBN Sei Kelik, ” pungkas Jeffray