DLH Sintang Pastikan Pelayanan Penanganan Sampah Selama Lebaran Tetap Berjalan 

0
220
Tumpukan sampah di Jl. Lingkar hutan wisata alam baning, Sintang

LINTASKAPUAS | SINTANG – DLH Kabupaten Sintang memastikan pelayanan penanganan sampah tetap berjalan normal selama libur Hari Raya Idul Fitri 2024. Petugas kebersihan akan bekerja seperti hari-hari biasa untuk menghindari penumpukan sampah selama libur Lebaran, Rabu (3/4/2024).

Kepala DLH Kab. Sintang Igor Nugroho menyampaikan bahwa penanganan sampah akan berjalan seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu H+1 Hari Raya Idul Fitri.

“Penanganan sampah seperti tahun-tahun sebelumnya untuk di hari hanya itu karena sebagian petugas merayakan idul Fitri jadi harus libur sehari dan keesokan harinya pasti akan dilakukan pengangkutan sampah” ujarnya.

Selanjutnya Ia juga menambahkan jika semua petugas kebersihan baik muslim maupun non muslim akan libur pada hari H lebaran karena mengikuti kalender yang telah ditetapkan.

“Jadi intinya penanganan sampah pada hari raya tetap kita lakukan meski h+1 hari raya karena libur hari raya jadi semua libur. Sebagian besar petugas memang kita liburkan baik muslim maupun non muslim pada hari h lebaran karena itu memang masa libur yang telah ditetapkan jadi satu hari mereka bisa istirahat” tambahnya.

Igor berharap agar ada penambahan lokasi baru untuk TPA dikarenakan lokasi TPA di Kab. Sintang sudah hampir penuh. Hal tersebut karena banyaknya keluhan masyarakat sekitaran TPA terkait bau sampah yang sudah menyebar.

“Jika berbicara tentang sampah tentu masih memprihatinkan masalah Armada masih kurang TPA kita masih kurang juga atau sudah hampir penuh. Kami berharap pada lokasi baru paling tidak ada lokasi untuk pemindahan karena masyarakat di sekitar sudah mengeluh terkait bau yang menyebar karena tumpukan sampah yang sudah menggunung kita tidak boleh membakar sampah karena dapat menyebabkan polusi udara” pungkasnya.