HKN Ke-58, Senen Ajak Masyarakat Jaga PHBS

0
162
Anggota DPRD Sintang, H. Senen Maryono

LINTAS KAPUAS | Sintang – Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 12 November Indonesia merayakan Hari Kesehatan Nasional (HKN). Tahun ini perayaan tersebut mengusung tema ‘Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku’.

Anggota Komisi C Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Senen Maryono menyampaikan momentum Hari Kesehatan Nasional ini bukan hanya euphoria belaka namun sebagai refleksi dari semua pihak bagaimana agar kualitas kesehatan terus meningkat yang tentunya hal tersebut hari dimulai dari diri pribadi.

“Menjaga kesehatan merupakan salah satu tanda mencintai diri sendiri. Memiliki tubuh yang sehat adalah sebuah perjalanan yang sangat personal dan saling terkait antara kesehatan fisik, mental, dan sosial,” tuturnya.

Menurut Senen Maryono, saat ini adalah yang paling tepat melakukan reformasi atau perubahan-perubahan. HKN ke-58 menjadi peluang dalam mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih prima, lebih luas jangkauannya dan juga lebih cepat dalam memberikan layanan masyarakat.

“Saat ini menunjukkan bahwa memang pada saat kondisi terburuk kita harus bangkit kembali, kita harus pulih kembali. Kalau kita bangkit maka ekonomi juga akan kembali meningkat,” katanya.

Untuk itu, Senen Maryono mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Sintang untuk menjaga Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) agar kualitas kesehatan masyarakat di Bumi Senentang semakin meningkat. Ia mengakui hal tersebut tidaklah mudah mengingat saat ini sejumlah daerah di Kabupaten Sintang masih ada yang tergenang air.

“Banjir masih ada di sejumlah daerah, tentunya ini menjadi masalah tersendiri. Namun saya yakin, masyarakat mampu menanggulangi dan terus menjaga kesehatannya meskipun dalam kondisi demikian,” ujarnya.

Pada kesempatan ini, Senen Maryono juga mengucapkan terimakasih kepada petugas pelayanan kesehatan yang telah mengabdi kepada masyarakat terlebih bagi mereka yang mendatangi langsung sejumlah tempat untuk memberikan pelayanan kesehatan.

“Mereka adalah sejatinya pahlawan. Semoga mereka dan tentu saja kita semua dalam kondisi kesehatan yang baik-baik saja,” pungkasnya.