Kapolsek Pulau Maya Karimata Lakukan Penyuluhan Anti Bullying dan Cegah Kekerasan Pada Anak

0
61
Foto: Kapolsek Pulau Maya Karimata Ipda Abu Mansur, S.H saat memaparkan materi kepada Siswa dan Siswi SMPN 3 Pulau Maya, Sabtu (15/6/2024), pagi. (Foto Ist)

LINTASKAPUAS I KAYONGUTARA,- Kapolsek Pulau Maya Karimata Ipda Abu Mansur, S.H Melaksanakan Penyuluhan Anti Bullying dan Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak serta memberikan motivasi untuk meningkatkan prestasi kepada Siswa dan Siswi SMPN 3 Pulau Maya, Sabtu (15/6/2024), pagi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapolsek Pulau Maya Karimata Ipda A. Mansur, S.H, Bhabinkamtibmas Briptu Sunardi,
Kepala Sekolah SMPN 3 Pulau Maya, Kuntoro, S.Pd, dan Dewan guru SMPN 3 Pulau Maya serta Siswa dan 60 orang Siswi kelas VII dan VIII.

Dalam sambutannya, Kapolsek Pulau Maya Karimata Ipda Abu Mansur
menyampaikan tentang bahaya Bullying dan tips menghindarkan diri dari bullying.

Selain itu, dirinya juga memberikan pemahaman tentang pencegahan kekerasan seksual kepada anak serta cara penggunaan Handphone dan medsos secara bijak dengan tidak mudah menshare/posting berdasarkan cara pandang yang sempit.

Tak hanya itu, mantan Kanit Reskrim Polsek Marau tersebut juga memberikan motivasi untuk meningkatkan prestasi & masa depan para siswa.

“Penyluhan anti bullying di SMPN 3 Pulau Maya ini, diadakan dengan tujuan utamanya, meningkatkan peran Polri untuk mencegah tindakan bullying di lingkungan sekolah,” jelasnya.

Dirinya menilai, melalui penyampaian informasi mengenai bentuk dan dampak bullying kepada siswa dan siswi acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dan toleran.

Lanjutnya, selain itu, sosialisasi ini juga untuk membentuk sikap positif dan saling menghargai dan tidak saling cela maupun tindak kekerasan di antara siswa baik kekerasan fisik maupun seksual.

“Keterlibatan orang tua, memberikan pengetahuan praktis kepada anak untuk cara mengatasi kejadian bullying, serta mendorong kolaborasi antara sekolah, orang tua dan lingkungan masyarakat dalam upaya pencegahan,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 03 Pulau Maya menyambut baik kegiatan yang digelar oleh Polsek Pulau Maya Karimata terkait bahaya Bullying dan Kekerasan pada Anak.

“Dalam kegiatan penyuluhan Anti Bullying dan pencegahan kekerasan pada anak di SMPN 03 Pulau Maya ini, Kami mengucapkan terima kasih kepada Kapolsek Pulau Maya Karimata Ipda A. Mansur, SH dan jajaran,” ucapnya.

Selain itu, dikesempatan yang sama, Salah satu Siswa SMPN 03 merasa senang dan bersyukur dengan adanya kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah Kami baru paham apa yang telah bapak kapolsek sampaikan dalam sosialisasi di sekolah yaitu tentang Bulliying dan kekerasan terhadap anak,” katanya.

Lanjutnya, dan kami akan jalankan semua yang telah kami pelajari dalam kegiatan ini. Dengan demikian, kami bersama-sama menjaga lingkungan sekolah kami agar bebas dari tindakan bullying dan kekerasan diantara siswa serta tidak acuh atau apatis jika menemukan kejadian bulliying di sekolah.

“Kami juga akan terus meningkatkan prestasi kami sebagai siswa dan siswi SMPN 3 Pulau Maya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, pada kegiatan tersebut juga diadkan sesi tanya jawab dari siswa tentang materi dan bagi yang berani tampil dan menjawab mendapat hadiah uang saku dari kapolsek.

Kegiatan penyuluhan Anti Bulliying dan mencegah kekerasan pada anak ini merupakan program rutin Kapolsek Pulau Maya Karimata didalam mencegah tindakan Bulliying di lingkungan sekolah baik tingkat SD sampai SMP dan SMA/SMK.

(Ags)