Ketua DPRD: Jadikan Pergantian tahun Sebagai Sarana Evaluasi dan Introspeksi Diri 

0
214
Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny

LINTASKAPUAS | SINTANG – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah DPRD Sintang, Florensius Ronny mengingatkan kepada seluruh masyarakat kabupaten Sintang untuk menjadikan momen pergantian tahun sebagai sarana evaluasi dan introspeksi diri.

“Tahun 2022 sebentar lagi berlalu dan akan masuk ke tahun baru 2023, mari jadikan momen pergantian tahun ini sebagai sarana evaluasi dan introspeksi diri terhadap apa yang sudah kita lakukan selama setahun belakangan ini, apakah lebih baik dari tahun sebelumnya atau justru mengalami kemunduran, ” ungkap Ronny kepada lintaskapuas.com.

Menurut Legislator Daerah Pemilihan Sintang III ini, ada tiga poin yang harus dilakukan pada momen pergantian tahun dengan tetap fokus pada tujuan hidup sehingga apa yang diharapkan bisa membantu mendapatkan arah jalan titik terang yang akan ditempuh serta apa manfaat yang dilakukan dari setiap agenda yang sudah direncanakan.

Poin pertama yang harus dilakukan adalah evaluasi perjalanan hidup kita selama tahun 2022, apa yang telah atau belum dilakukan dan bagaimana upaya yang harus kita lakukan untuk memperbaikinya serta bagaimana kita meningkatkan kualitas hidup kita di tahun 2023 kedepannya dengan belajar dari tahun 2022 lalu.

poin kedua adalah melakukan “critical thinking” atau proses berpikir lebih dalam evaluasi diri untuk menjadi seseorang yang lebih mandiri serta melakukan analisis SWOT. “Jadi Strengths atau kekuatan harus kita ukur, terus apa yang menjadi Weakneses atau kelemahan kita, selanjutnya masih adakah opportunities atau peluang dan apa yang menjadi threats atau ancaman.

Dengan kita menerapkan pendekatan analisis SWOT dalam hidup kita, lanjut Ronny, tentu kita akan mendapatkan kemudahan serta bisa menyiapkan diri mencari solusi untuk lebih baik kedepannya serta mampu menghadapi dan mencari solusi terhadap kemungkin-kemungkinan yang akan terjadi kedepannya.

Poin yang terakhir yang harus dilakukan yakni membangun pola hubungan dengan Tuhan yang maha esa melalui ibadah, berdoa dan berharap kedepannya bisa melakukan yang lebih baik dari tahun sebelumnya serta membangun hubungan yang baik dengan keluarga, tetangga, antar sesama baik relasi maupun jaringan.

“Dengan demikian tentu kita mampu untuk menebar kebaikan dan pasti kita juga akan mendapatkan manfaat yang baik sehingga kita akan tetap semangat dan optimis untuk menghadapi kondisi kehidupan kita kedepannya, ” Jelas Ronny.

Dalam kesempatan tersebut, Politisi Partai Nasdem Kabupaten Sintang ini juga mengingatkan kepada seluruh generasi muda penerus bangsa agar dimalam pergantian tahun 2022 ke 2023 agar meninggalkan kegiatan -kegiatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain, seperti menyambut dengan minum -minuman keras, balap liar, serta kegiatan negatif lainnya. namun lebih kepada kegiatan yang bermanfaat untuk diri sendiri dan lingkungan sekitarnya.

“Kita menghimbau kepada seluruh anak muda yang ada di Kabupaten Sintang ini agar dalam penyambutan malam pergantian tahun ikut menjaga keamanan dan ketertiban serta menjaga suasana tetap kondusif serta melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk diri sendiri kedepannya, “pungkas Ronny.