Kodam XII/TPR Pusatkan Peringatan HUT TNI Ke 77 di Perbatasan Indonesia-Malaysia

0
84
Penyematan Tanda kehormatan kepada Prajurit TNI oleh Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto

LINTASKAPUAS | SANGGAU, Komando Militer XII Tanjungpura menggelar peringatan HUT TNI ke 77 dipusatkan di daerah perbatasan wilayah Entikong kabupaten Sanggau  Provinsi Kalimantan Barat

Upacara Peringatan HUT TNI ke 77 berlangsung di halaman Pintu masuk Penyebrangan Pos lintas Batas Negara(PLBN) Entikong Indonesia-Malaysia dengan inspektur upacara dipimpin langsung komandan Kodam XII/TPR, Mayjen TNI Sulaiman Agusto, Rabu 5 Oktober 2022.

Upacara Peringatan HUT TNI ke 77 dihadiri langsung Kapolda Kalimantan barat, Sekda Kalbar, Danlantamal XII/Ptk, Danlanud Supadio Pontianak, Irdam XII/TPR, Kajati Kalbar Danrem 121/Abw, Kabinda Kalbar, Bupati Sanggau, Bupati Sekadau dan Konsultan Jendral RI – Kuching serta masyarakat Entikong.

Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto melepas Babinsa membagi Sembako kepada masyarakat Entikong Kabupaten Sanggau

Peringatan HUT TNI ke 77 dirangkaikan dengan bakti sosial berupa pengobatan gratis diikuti 450 orang, sunatan massal diikuti 50 anak dan pembagian 3500 sembako kepada masyarakat Entikong serta menggelar panggung Hiburan rakyat sejak tanggal 4-5 Oktober 2022 berlangsung di pasar Baru Entikong.

Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto mengatakan bahwa peringatan   HUT TNI ke 77 sengaja di pusatkan diwilayah perbatasan Indonesia Malaysia sebagai bentuk kepedulian bahwa TNI juga hadir ditengah-tengah masyarakat perbatasan.

Pangdam XII Tanjungpura juga mengatakan bahwa Bakti sosial tersebut akan digelar secara kontinyu setiap tahunnya dengan wilayah dan tempat yang berbeda seperti PLBN Aruk, PLBN Nanga Badau Dan Wilayah Perbatasan lainnya.

Sementara Victoria Demu (55) salah satu warga Desa Peripin, Kecamatan Entikong mengaku bahagia dan senang sekali karena  mendapatkan pelayanan pengobatan gratis yang diselenggaran TNI

“Kami warga Entikong mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh bapak -bapak tentara karena sudah memberikan pelayanan kesehatan kepada kami warga yang ada diperbatasan ini, “ungkap Victoria.
Ia juga mengaku, mengikuti Pengobatan gratis yang di gelar TNI  karena dirinya sudah lama menahan rasa sakit dibagian bahu dan sudah berkali-kali berobat namun tak kunjung ada perubahan. ” mudah-mudahan dengan mendapatkan pelayanan kesehatan dari bapak- bapak Dokter Tentara ini, ada perubahan dengan sakit yang sudah lama saya derita ini, “pungkas Victoria.

Sementara, Salah satu warga Entikong yang mengikuti Pengobatan gratis, Muhammad Karim mengaku senang dan bahagia  dengan adanya pengobatan gratis yang diselenggarakan oleh TNI AD.

Menurut Karim, pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah perbatasan khususnya di wilayah Entikong kabupaten Sanggau masih minim dengan adanya pelayanan kesehatan yang diberikan TNI sangat membantu masyarakat perbatasan

ditengah-tengah peninjauan pelaksanaan bakti sosial TNI diperbatasan tersebut, Panglima Kodam XII Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto menyempatkan diri untuk berinteraksi dengan warga yang mengikuti Pengobatan gratis, sunatan massal dan pembagian sembako di pasar baru Entikong.