Lupung Coffee melebarkan Sayap di Sintang

0
52

LINTASKAPUAS | SINTANG – Setelah sukses di Kota Sekadau, kini Lupung Coffee melebarkan sayapnya di Kabupaten Sintang, dengan lokasi di jalan YC. oevang Oeray Baning, sebelah Kampus Universitas Kapuas Sintang.

Grand opening Lupung Coffee dibawah Naungan Koperasi Konsumen Keling Kumang union diresmikan langsung Wakil Bupati Sintang, Melkianus, ditandai dengan penurunan tirai Nama Lupung Coffee dilanjutkan dengan pengguntingan pita di pintu masuk oleh kepala Disperindagkop Sintang disaksikan CEO Dan Dewan Pengawas CU. Keling Kumang senin 3 juni 2024.

Wakil Bupati Sintang, Melkianus dalam sambutannya mengapresiasi dengan bukannya Lupung Coffee di Sintang karena merupakan salah satu langgah positif dalam memajukan UMKM di Kabupaten Sintang.

“Pembukaan Usaha Lupung Coffee ini menjadi salah satu kegiatan positif untuk kemajuan UMKM kabupaten Sintang. Saya yakin Usaha ini bisa maju dan berkembang hingga ke daerah lain, “ucap Melki.

Melkianus juga mengatakan bahwa usaha Warung kopi di kabupaten Sintang sangat luar biasa dibandingkan dengan kabupaten lainnya. “Usaha warung kopi di Sintang ini sangat luar biasa, kita bisa melihat sendiri, klo di daerah lain diatas jam 9 kita sudah susah mencari Warung kopi, tapi kalau disintang, sampai subuh pun masih ada yang buka. Bahkan lewat subuh pun masih ada, ” ujar melki.

Melki mengaku bangga dengan fenomena menjamurnya warung kopi di kabupaten Sintang, hal tersebut menunjukan bahwa perkembangan ekonomi Sintang tumbuh positif. ” Kegiatan usaha UMKM seperti ini tentu akan membuka lapangan Kerja baru khususnya bagi mahasiswa. Jadi usaha yang dilakukan oleh gerakan Keling kumang ini berdampak positif terhadap masyarakat sekitarnya. ” Paparnya.

“Suatu kebanggaan dengan adanya perkembangan kemajuan Kredit Union Keling Kumang karena bisa membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sintang. Dengan aset yang dimiliki saat ini mencapai 2 triliun lebih, setara dengan APBD Sintang, jadi saya yakin ini aan terus meningkat, pesa saya terus tingkatkan pelayanan karena dengan pelayanan akan menjadi salah satu daya tarik tersendiri, “pungkasnya.

Sementara, CEO Gerakan CU Keling Kumang, Valentinus dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pemerintah daerah yang selalu mendukung perkembangan Usaha Gerakan CU Keling Kumang di Kabupaten Sintang.

“Sedikit saya jelaskan bahwa usaha Lupung Coffee ini dibawah naungan manajemen Koperasi konsumen keling kumang union. Saat ini Gerakan CU Keling Kumang sudah memiliki tujuh entitas perizinan dengan usaha yang berbeda diantaranya pertama CU Keling Kumang. Kedua ,Yayasan Pendidikan Keling Kumang. Ketiga, Koperasi Jasa Keling Kumang Tampun Juah. Keempat, Koperasi Konsumen Keling Kumang Union. Kelima, Koperasi Produsen Keling Kumang Agro. Keenam, Yayasan Pemberdayaan Sumberdaya Keling Kumang. Ketujuh, Koperasi Produsen Aliansi Petani Kelapa Sawit Keling Kumang, ” papar Valentinus.

Valen juga menambahkan bahwa hingg saat ini gerakan Credit Union keling kumang yang tersebar di 74 kantor cabang memiliki 1000 staf dengan aset lebih dari 2 triliun. ” Jadi perlu sayabtegaskan bahwa Lupung coffee ini bukan milik CU KK akan tetapi merupakan milik anggota Koperasi konsumen Keling Kumang union, ” pungkasnya.

Sementara, Manager Koperasi konsumen Keling Kumang Union, Hilarius Gimawan dalam sambutannya menyampaikan Koperasi yang dipimpinnya saat ini memiliki tiga unit bisnis. Yakni Keling Kumang Distributor, Keling Kumang Mart dan Lupung Coffee. Koperasi Konsumen Keling Kumang Union memiliki anggota sebanyak 26.744 orang. Jumlah asetnya Rp 42,8 M.

“Nah, Lupung Coffee ini pertama kita buka 30 November tahun 2021 di Sekadau. Baru tahun ini dibuka di Sintang,” jelasnya.

Selama Lupung Coffee buka di Sekadau, kehadirannya disambut positif oleh masyarakat. Banyak sekali konsumen yang datang, baik untuk nongkrong bahkan nonton bareng. Melihat progres tersebut, maka dibuka Lupung Coffee di Sintang.

“Modal pembangunan Lupung Coffee sendiri berasal dari anggota Koperasi Konsumen Keling Kumang Union yang menyimpan tabungannya di Simpanan Lupung. Makanya usaha ini dinamakan Lupung Coffee. Nah uang simpanan anggota ini yang kita kembangkan, tentunya dengan analisa dan perhitungan yang matang agar aman. Benefit yang didapat anggota berupa deviden dan diskon belanja di Keling Kumang Mart,” pungkasnya.