Pemkab Wacanakan Bangun Lapangan Tembak di Tanjung Belandang

0
44

Foto Bupati Ketapang, Martin Rantan. (Istimewa)
LINTASKAPUAS I KETAPANG,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ketapang berencana membangun lapangan tembak di Pantai Tanjung Belandang, Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan.
Wacana itu muncul setelah Bupati Ketapang, Martin Rantan meninjau lokasi tersebut pada Kamis (30/06/2022), kemarin.

Di kesempatan tersebut Bupati mengatakan, bahwa kedatangannya meninjau Pantai Tanjung Belandang berawal dari usulan Kepala Desa Sungan Awan Kiri. Dimana yang bersangkutan meminta agar wilayahnya dijadikan Fokus Desa Wisata.

“Setelah saya cek ke bagian aset, ternyata Pemkab memiliki 3 hektar lahan di Pantai Tanjung Belandang. Atas aset ini rencananya akan dibangun lapangan tembak. Saya sudah koordinasi dengan Kapolres dan Dandim, nanti 2023 mulai dibangun,” ungkap Martin.

Akan tetapi, menurutnya luas lahan 3 hektar tentu tidak maksimal untuk dibangun lapangan tembak. Sehingga harus diperluas 10 sampai 20 hektar.

“Nanti kalau bisa luas aset tanah yang ada ditambah menjadi 15 sampai 20 hektar. Paling tidak lebih kurang minimal 10 hektar dan harus menyatu atau tidak terpisah,” tuturnya.

Martin menambahkan, bahwa Informasi sementara, luas tanah itu bisa ditambah. Karena rata-rata ada bagian sebelahnya dari pemilik mau menjual tanahnya.

“Nanti saya minta kepala bidang aset Pemkab Ketapang untuk membuat patok batas tanah,” timpalnya.

Mengenai usulan Kepala Desa Sungai Awan Kiri, Bupati menyebut saat ini sedang dilakukan uji kelayakan, apakah bisa dijadikan Desa Fokus Wisata.

“Harapan saya bisa menjadi desa Ekotourism, yakni program pembangunan pantai secara terpadu. Jadi wisata jalan, dan ekonomi masyarakat juga jalan,” harapnya.

Pada kesempatan itu pula, ia juga meninjau rencana pembangunan pelindung untuk mencegah terjadinya abrasi pantai Tanjung Belandang.

“Kita harap pembangunanya bisa berlangsung lancar dan hasilnya bagus,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungai Awan Kiri, Safwan Noor membenarkan soal usulan agar Desanya menjadi Desa Fokus Wisata melalui surat. Tujuannya agar bisa maju di bidang pariwisata dan menjadi tempat kunjungan masyarakat.

“Kalau sudah menjadi tempat kunjungan wisata, tentu dampaknya pada peningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Misalnya bisa membuka peluang kerja di tempat wisata,” ucapnya.

Atas dukungan Pemkab, dia mengucapkan terimakasih, terutama kepada Bupati karena tela mendukung apa yang diharapkan pihaknya.

“Kita juga akan selalu mendukung, bersinergi dengan program-program Pemkab Ketapang. Termasuk rencana pembangunan lapangan tembak, tentu sangat kita dukung,” pungkasnya. (Ags)