Pengguna Kenalpot Racing Marak di Sintang, Meresahkan Warga

0
1052
ILUSTRASI

LINTASKAPUAS I SINTANG- Penggunaan Kenalpot Racing Sepeda Motor di Sintang saat ini semakin menggila dan cukup meresahkan masyarakat Sintang terutama masyarakat yang rumahnya berada di pinggir jalan besar.

Keresahan yang dikeluhkan warga tersebut karena Kenalpot Racing mengeluarkan suara yang keras dan bising sangat mengganggu istirahat warga khusunya pada malam hari.

Pardi(33) Salah satu warga Desa Baning Kota Sintang mengeluhkan dengan marak Kenalpot Racing di kabupaten Sintang dan sangat meresahkam

“Suara bising yang ditimbulkan Sepeda motor dipacu dengan kecepatan tinggi tentu akan mengeluarkan suara yang sangat mengganggu bagi kami,” ucap Pardi.
Ia mengatakan Kendaraan sepeda motor yang menimbulkan kebisingan tidak hanya dari kenalpot Racing, akan tetapi dari kenalpot motor Khusus RX King yang sudah dibelah juga sangat bising.
“Tidak hanya motor Dengan Kenalpot Racing yang membuat bising, kenalpot motor RX King yang sudah dibelah juga sangat bising bahkan buat telinga kita bedenggung, ” Keluh pardi.

Hal senada juga dikeluhkan oleh Edo Harianto, warga jalan PKP Mujahidin, mengaku sangat terganggu dengan kebisingan yang ditimbulan kelapot Racing.
pasalnya setiap menit, pasti ada motor dengan Kenalpot Racing Ngebut dijalan raya sehingga dirinya merasa resah.
Ia mengaku saat kesal, sempat terpikir olehnya untuk melintangkan balok kayu di tengah jalan, hanya saja hal tersebut diurungkannya karena takut justru warga lain yang terjatuh.
Menurut Edo, Warga tidak bisa memperingati atau menghalangi mereka anak-anak muda yang sering kebut-kebutan, sebab jika warga secara langsung memberitahukan, ditakutkan menimbulkam persepsi dan terjadi kesalahpahaman akhirnya timbul permasalah.
Menurutnya, keadaan tersebut mesti menjadi perhatian serius dari semua elemen masyarakat baik itu Pemerintah dan Pihak Kepolisian. Hal ini perlu adanya tindakan tegas untuk memberikan rasa nyaman kepada warga, sebab mereka sudah dapat dikategorikan mengganggu ketertiban umum,” Ungkap Edo.
Edo menambahkan, akibat buruk yang sering dirasakan warga yakni, bagi mereka yang punya kegiatan malam hari atau keluarga yang tengah sakit maupun warga yang masih mempunyai anak bayi, bisa dipastikan mereka akan sangat merasa terganggu.

“Memang benar jalan yang mereka lalui adalah jalan umum, tapi kesadaran mereka untuk tidak berbuat semaunya itu sudah melanggar,” ucapnya.

Beranjak dari keresahan tersebut, Edo Berharap kepada Aparat Kepolisian agar segera bertindak tegas terhadap sepeda motor Kenalpot Racing dan Motor RX King yang Kenalpotnya sudah dibelah karena suara-suara tersebut sangat bising dan meresahkan, “Harap Edo.