Satgas Pamtas RI-Malaysia Harus Bisa Memahami & Membaca Peta

0
924
Brigjen TNI Ronny, S. A. P, Komandan Korem 121/ABW berikan arahan kepada Satgas Pamtas RI-Malaysia yang akan melaksanakan tuga baru di perbatasan

LINTASKAPUAS I SINTANG – Brigjen TNI Ronny, S. A. P, Komandan Korem 121/ABW menuntut seluruh anggotanya yang akan bertugas di Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan(Satgas Pamtas) Republik Indonesia – Malaysia agar bisa memahami dan membaca Peta.

“Seorang Prajurit TNI yanh bertugas melakukan pengamanan wilayah perbatasa wajib memahami dan memaca Peta, Karena selain tugas Patfoli, prajurit juga mesti mengetahui patok batas wilayah antara Indonesia – Malaysia, ” ungkap Danrem saat memberikan pengarahan kepada prajurit Yonif 642/Kps yang melaksanakan Latihan Pra tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-Malaysia, bertempat di Markas Batalyon 642/Kps, Sintang, senin(8/6/2020)

Ia juga menghimbau, Pada saat serah terima dari petugas lama kepada petugas baru, petugas harus menjelaskan harus betul-betul ditinjau secara nyata dilapangan agar mengetahui secara nyata batas wilayah RI-Malaysia .” tegas Danrem.

Selain itu, Damrem juga menuntut kepada seluruh Prajurit yang akan melaksanakan tugas baru diwilayah perbatasan agar selalu mewaspadai penyelundupan Narkoba, illegal loging, Ilegal Mining, Human Trafficking, bahan peledak serta waspadai konflik sosial adat budaya daerah setempat.

“Bagi semua prajurit yang nantinya menerima pembekalan dari pelatih, banyak bertanya apa-apa yang kiranya prajurit belum memahami tugasnya masing-masing,” jelas Danrem.

Ronny menambahkan, dalam menjalankan tugas di tengah kondisi Pandemi Covid-19 saat ini agar prajurit selalu melaksanakan Protokol Kesehatan, dengan tetap menggunakan masker dan kacamata serta selalu menjaga kesehatan dan kebugaran fisiknya. karena bila semua sehat dan fisik terjaga maka dalam bertugaspun akan selalu bersemangat.

Harapan Danrem 121/Abw kepada seluruh prajurit, selama menjalankan tugas pengaman perbatasan RI-Malaysia, agar melaksanakan tugas dengan baik, hindari pelanggaran sekecil apapun. Karena itu juga salah satu prestasi bagi satuan. Selalu berkoordinasi dengan dengan baik kepada instansi-instansi yang berada di daerah penugasan serta tetap pelihara Sinergitas TNI-Polri agar penugasan dapat berjalan dengan baik dan lancar.