Sekda Ketapang Tinjau Dermaga Tembilok

0
24
Foto: Sekda Ketapang, Alexander Wilyo (Ditengah) saat mengunjungi Dermaga Tembilok. (Ist)

LINTASKAPUAS I KETAPANG,- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, meninjau langsung keberadaan Dermaga Tembilok, di Desa Sei Awan Kanan, pada Senin (26/2/2024).

Usai meninjau dermaga Tembilok, Sekda dan rombongan kemudian juga meninjau Dermaga Saunan di Kelurahan Mulia Baru, Kecamatan Delta Pawan.

Sekda pun meminta seluruh instansi terkait agar melakukan perekapan dan inventarisir terhadap infrastruktur dan bangunan pelabuhan yang ada.

Sekda juga menjelaskan bahwa pada tanggal 25 Januari 2024, Ia mewakili Bupati Ketapang, menandatangani penyerahan hibah pembangunan Dermaga Tembilok di Kementerian Perhubungan RI, di Jakarta.

Menurut Sekda, Dermaga Tembilok ini sangat strategis letaknya bagi Kabupaten Ketapang, dan banyak didukung oleh para pengusaha Ketapang.

“Setelah menerima hibah dari Pemerintah pusat maka dermaga Tembilok secara administrasi dicatat dan menjadi aset Pemerintah Kabupaten Ketapang, dan satu satunya pelabuhan milik Pemerintah Daerah,” ujarnya.

Sekda menambahkan, Dermaga Tembilok perlu ditata ulang dari sandaran kapal, penerangan, halaman parkir, taman, serta fasilitas bangunan dan pagar, yang sebagian sudah rusak.

“Dermaga Tembilok ini resmi dihibahkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan RI ke Pemda Ketapang,” jelasnya.

Setelah meninjau Dermaga tersebut Sekda menilai, masih banyak hal yang harus dibenahi agar dermaga Tembilok bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk kepentingan daerah dan masyarakat Kabupaten Ketapang.

“Saya minta kepada Dinas Perhubungan Ketapang, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) untuk melakukan perekapan terhadap akses jalan, termasuk jembatan, bangunan pendukung, dermaga, pos serta surau agar dilakukan penaksiran harga, untuk kemudian dijadikan sebagai aset daerah dan perlahan mulai dilakukan pembenahan,” pintanya.

Selanjutnya, Sekda mengatakan, ke depan, jika sarana dan prasarana Dermaga Tembilok sudah terealisasi, maka pemanfaatan Dermaga, yang bisa disesuaikan dengan regulasi yang ada misalkan sebagai pelabuhan barang dan orang, pelabuhan bongkar muat CPO dan lain-lainnya.

“Jika pelabuhan sudah berfungsi, maka wilayah di sini akan berkembang. Masyarakat bisa membangun UMKM, jasa transportasi berjalan dengan baik, bahkan pelabuhan bisa menjadi objek wisata atau landmark Ketapang yang baru,” terangnya.

“Untuk itu, saya meminta dukungan semua pihak, terkhusus masyarakat Desa Sei Awan Kanan untuk mendukung upaya, yang dilakukan Pemerintah Daerah Ketapang terhadap Dermaga Tembilok ini, minimal dengan turut serta menjaga aset-aset yang ada,” tukasnya.

(Ags)