Air Terjun Tujuh Tingkat Tersembunyi Dibawah Bukit Liang

0
28

LINTASKAPUAS | SINTANG – Kabupaten Sintang merupakan salah satu kabupaten yang terluas di wilayah timur Kalimantan barat setelah Kabupaten Kapuas Hulu yang memiliki kekayaan Alam yang sungguh luar biasa.

Kabupaten Sintang ini banyak menyuguhkan keindahan alam yang sangat menjanjikan untuk dikelola menjadi sebuah daerah tujuan wisata, seperti Air terjun, Sungai, Bukit, cagar budaya dan lain sebagainya.

Sebagai contoh potensi alam yang bisa dikelola menjadi lokasi tujuan wisata yakni air terjun tujuh tingkat tersembunyi dibawah bukit liang terletak di Desa Pelimping kecamatan Kelam permai Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan barat.

Lokasi air terjun tujuh tingkat tersebut tidak jauh dari jalan poros Sintang – Putusibau. hanya butuh waktu 15 menit perjalanan menggunakan sepeda motor pengunjung sudah sampai dibawah air terjun.

Hingga saat ini pesona alam yang menyuguhkan air terjun dengan ketinggian mencapai 100 meter tersebut belum diketahui banyak orang karena belum tereksplorasi dengan baik.

Padahal jika potensi wisata ini dikelola dengan baik dipastikan akan menjadi salah satu destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun luar Kabupaten Sintang.

Salah seorang warga kota Sintang, Rafi mengaku sudah pernah berkunjung ke lokasi Air terjun tujuh tingkat yang terletak di wilayah kecamatan Kelam permai Kabupaten Sintang.

Menurutnya, Lokasi air terjun tersebut tidak jauh dari ibu kota kecamatan Kelam permai. hanya butuh waktu 30 menit untuk menjangkau lokasi tersebut.

“Letak air terjun tujuh tingkat itu tidak jauh dari jalan poros Sintang – putusibau. 15 menit perjalanan masuk kedalam kita sudah sampai. hanya saja hingga saat ini kondisi jalan masuk kedalam masih tanah kuning, ” ungkapnya.

menurut Rafi, keindahan air terjun yang berada dibawah kaki bukit liang tersebut dikelilingi pepohonan yang rindang tentu akan membuat pengunjung betah meningkatnya.

“Jika dikelola ,sangat berpotensi menjadi lokasi wisata. dan pengunjung akan sangat betah berada disana karena selain disuguhkan dengan air terjun yang jernih juga pemandangan alamnya sangat indah dan sejuk, “ceritanya.

Ia berharap, pemerintah Kabupaten Sintang khususnya Aparat pemerintah setempat bisa mengelola lokasi tersebut untuk dijadikan sebagai lokasi tujuan wisata.

“Jika dikelola pemerintah Desa dengan baik dipastikan akan mampu meningkatkan pendapatan Asli Desa,” pungkas Rafi(link)